Ciri-Ciri Burung Tledekan Laut

Advertisement
Advertisement
Burung Tledekan sebenarnya bukan asli endemik Indonesia. Hadir dalam berbagai jenis mulai dari Tledekan Laut, Tledekan Gunung yang dibedakan menjadi 2, yaitu Tledekan Gunung Jawa dan Tledekan Gunung Kalimantan, kemudian terdapat juga Tledekan Kembang, dan Tledekan Bambu untuk sebutan lain dari Tledekan Gunung (baca selengkapnya: jenis tledekan).

tledekan laut

Burung Tledekan Laut atau yang memiliki nama latin cyanoptila cyanomelana termasuk ke dalam famili burung muscicapidae dikenal sebagai burung yang kicauannya merdu dan lembut tetapi tidak sekeras kicauan Tledekan Gunung.

Beberapa orang menyebut Tledekan Laut dengan nama lain seperti, Sulingan Laut. Dikatakan sulingan Laut karena burung ini memiliki suara yang lembut mirip siulan atau mirip dengan suara seruling. Walaupun kicaunya tidak keras dan variasinya tidak begitu banyak, namun beberapa orang menyukainya karena suaranya yang lembut tersebut.

Burung ini sejatinya berasal dari Negara Cina, Rusia dan Korea Utara. Beberapa diantaranya bahkan berasal dari Jepang serta Korea Selatan. Mereka datang ke Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Sri Langka, dll biasanya untuk mencari lingkungan yang suasananya hangat. Terlebih, jika negara-negara yang telah disebutkan sebelumnya berada pada musim dingin.

A. Makanan Tledekan Laut
Burung Tledekan Laut tentu saja tinggalnya juga di pinggir Laut seperti di hutan-hutan bakau atau mangrove. Hal tersebut bisa dilihat dari kebiasaanya membangun sarang menggelantung di pohon-pohon bakau. Burung ini sangat menyukai tawon, buah-buah kecil, larva, kumbang, dan berbagai jenis ulat.

B. Ciri-ciri Tledekan Laut
Paruh Burung Tledekan Laut berwarna hitam pekat untuk burung jantan. Sedangkan burung betina tampak lebih terang.

Di bagian dagu, kemudian leher belakang, dan leher depan, serta di bagian dada, burung ini didominasi dengan bulu berwarna hitam.

Warna putih tampak begitu kontras dengan tubuh burung yang terlihat mulai dari dada, perut, dan di bawah ekor.

Warna biru tampak pada bagian atas kepala, di punggung dan di pangkal sayap serta bagian ekor.
Sedangkan untuk burung betina, kebanyakan memiliki warna bulu abu-abu mulai dari kepala, leher, bahkan di dada. Bagian perut dan bawah pantat biasanya berwarna putih. Kita akan melihat sayap burung ini sedikit berwarna biru dan bagian ujung sayap tersebut biasanya berwarna hitam.