Tips Perawatan Kolibri Ninja Harian Lengkap

Advertisement
Advertisement
Burung Kolibri yang sejatinya berasal dari Amerika Selatan dan banyak terdapat di Hutan Amazon adalah salah satu jenis burung kicau yang sering dijadikan sebagai master oleh para breeder di Indonesia. Walau demikian, ada juga yang menjadikannya sebagai koleksi karena burung ini memiliki warna bulu yang tampak sangat menarik, unik terlihat warna-warni dan mempesona.

Ukuran burung yang hanya kurang lebih 6 cm ini memiliki banyak jenisnya, mulai dari, Kolibri Kelapa, Kolibri Jawa, Kolibri Tasik, Kolibri Sepah Raja, dan termasuk juga Kolibri Ninja (lihat: harga kolibri).

gambar kolibri

Disamping beberapa jenis Kolibri yang telah disebutkan, di Indonesia juga masih ada beberapa kolibri lainnya.

Merawat Burung Kolibri
Perawatan Burung Kolibri, sejatinya adalah untuk menghasilkan burung yang gacor atau rajin bersuara. Selain itu, tentunya perawatan juga dimaksudkan agar burung tetap sehat dan memiliki umur yang panjang (baca: cara merawat kolibri ninja anakan).

Bagi anda yang ingin merawat burung ini, dan berencana untuk membeli dalam waktu dekat, berikut adalah beberapa tips untuk anda.

A. Setingan Harian
a. Dimulai pada pagi hari, misalnya pukul 06.00 kita harus mengembunkan burung tersebut. Ada juga yang menyebutnya dengan mengangin-anginkan. Proses ini dilakukan kurang lebih setengah jam sebelum dimandikan.
b. Setelah diembunkan atau diangin-anginkan, Burung Kolibri Ninja kemudian dimandikan dengan semprotan.
c. Selanjutnya burung dijemur kurang lebih 1 jam sambil diberikan makanan extra berupa ulat hongkong, atau anda juga bisa memberikan nektar. Burung ini sangat menyukai madu yang bisa dicampur dengan air gula, dengan perbandingan 50:50.
d. Setelah itu burung bisa di gantang dan diperdengarkan suara master (baca: agar kolibri ninja gacor).

B. Kandang/sangkar
Burung ini sangat aktif dan lincah. Itulah sebabnya kita harus menyiapkan sangkar atau kandang yang ukurannya walaupun tidak terlalu besar namun usahakan memiliki tinggi yang cukup. Kolibri Ninja bisa terbang secara vertikal dan sangat suka melompat. Burung ini dikenal sebagai salah satu penerbang ulung sehingga membutuhkan tempat yang besar. Tinggi sangkar usahakan tidak kurang dari 70 cm.

C. Makanan
Khusus untuk makanan, jenis Burung Kolibri sedikit berbeda dengan burung-burung lainnya. Tidak seperti burung Lovebird, Murai Batu, Cucak Rowo dan lain-lain yang menyukai kroto, jakngkrik dan belalang, Burung Kolibri sangat menyukai madu, minuman minuman manis seperti air gula dan nektar.

Pemberian makanan ekstra seperti binatang kecil bisa dilakukan empat kali seminggu dan dicampur dengan kroto segar. Minuman burung harus diganti setiap hari dan jangan lupa menambahkan air gula agar terasa manis (baca: makanan terbaik kolibri ninja).

Pemberian vitamin juga sangat penting dalam menunjang performa burung, berikan vitamin OrBird yang terbuat dari bahan-bahan alami terbaik.

D. Mastering
Mastering bisa dilakukan mulai dari pagi hari setelah dijemur. Selain itu, pada malam hari anda juga bisa mengkerodongnya kemudian memperdengarkan master hingga pagi.