Tips Perawatan Burung Cucak Jenggot Agar Tetap Fit dan Suaranya Mengkristal

Advertisement
Advertisement
Perawatan Cucak Jenggot (CJ)sedikit berbeda dengan perawatan burung kicau lainnya seperti, Burung Lovebird, Burung Murai Batu, Burung Kacer, Burung Kepodang, Burung Pleci, dll (baca selengkapnya: cara merawat cucak jenggot).

Perbedaan perawatan atau setingan harian untuk Burung CJ dengan burung lainnya terletak pada proses penjemuran setelah diangin-anginkan.

Apabila biasanya burung kicau lain, setelah diangin-anginkan kemudian dilanjutkan dengan dimandikan dan dijemur, makalah sedikit berbeda dengan CJ yang di angin-anginkan kemudian dijemur selalu dimandikan dan dijemur kembali (baca: cara ternak cucak jenggot).

perawatan cucak jenggot

Merawat Cucak Jenggot
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips perawatan Cucak Jenggot setiap hari. Diantaranya adalah:

A. Perawatan Kandang
Perawatan kandang dan sangkar meliputi pembersihan, penggantian air dan makanan.
Burung Cucak Jenggot biasanya dirawat di dua tempat yaitu, di sangkarnya serta di kandang umbaran (baca: kandang cucak jenggot).

Kandang umbaran, bisa dibersihkan setiap hari sebelum digunakan. Terutama setelah burung di jemur. Saat dipindahkan ke kandang umbaran, anda bisa membersihkan sangkar hariannya.
Di sangkar, anda tidak boleh melupakan makanan sumber vitamin seperti buah-buahan yang harus selalu ada setiap hari. Pemberian makanan tambahan untuk burung ini bisa berupa buah pisang, buah apel, dan buah papaya (baca: pakan bergizi cucak jenggot).

B. Setingan Harian Burung Cucak Jenggot
1. Pada pagi hari, sekitar pukul 6 pagi WIB atau 07.00 pagi untuk WITA, mulailah dengan mengangin-anginkan burung tersebutsekitar 1 jam.
2. Selanjutnya, setelah diangin-anginkan, burung kemudian dijemur dengan sinar matahari pagi selama kurang lebih 1 jam.
3. Selanjutnya, burung kemudian dimandikan. Baik dengan metode semprot maupun maupun keramba sesuai dengan kebiasaan.
4. Memandikan burung bisa dilakukan selama kurang lebih setengah jam kemudian dilanjutkan dengan penjemuran.
5. Anda bisa menjemur Burung Cucak Jenggot selama kurang lebih 1 jam atau lebih sesuai dengan kebutuhan, atau hingga burung kering.
6. Saat dijemur, burung bisa diberikan makanan extra (EF) berupa jangkrik sebanyak 1 atau 2 ekor. Untuk burung CJ betina, apabila ini adalah burung gacor yang akan dijadikan sebagai gacoan (baca: cara agar cucak jenggot gacor), sebaiknya pemberian extra food seperti jangkrik sebaiknya dikurangi. Maksimal 2-3 ekor dalam 1 minggu. Metode ini dimaksudkan untuk mengurangi birahi atau libido agar burung tidak sering bertelur. Dengan demikian, burung akan tetap memiliki kemampuan untuk exsist lebih lama dan memiliki stamina yang bagus dalam lomba.
7. Setelah burung dijemur dan diberi makanan, burung kemudian dimasukkan kedalam kandang umbaran hingga sore hari.
8. Pada sore hari sekitar pukul 16.00 anda bisa mengangin-anginkan kembali burung tersebut sambil diberikan 1 ekor jangkrik.
9. Setelah diangin-anginkan, burung kemudian dimasukkan ke kandang harian dan diistirahatkan serta diperdengarkan suara master (download: suara cucak jenggot).

C. Agar Cucak Jenggot Tetap Fit
Pada kondisi tertentu, seekor burung juga perlu perawatan khusus dengan memberikannya berbagai ramuan yang bisa menjaga kondisi fisiknya agar tetap sehat. Salah satu metode yang sering dimanfaatkan oleh para pecinta burung diantaranya adalah dengan memberikannya makanan atau minuman khusus.
1. Ramuan yang terdiri atas kencur, kunyit, dan jahe, masing-masing sebanyak 1 (satu) ruas ukuran sedang, semuanya dihaluskan atau diparut kemudian diperas dan diambil airnya.
2. Setelah itu, tambahkan sedikit madu kemudian masukkan hasil campuran jahe, kencur dan kunyit tersebut ke dalam sebuah wadah yang akan digunakan untuk memberikan minum kepada burung.
3. Pemberian ramuan ini bisa dilakukan 1 kali dalam sebulan.
4. Memberikan ramuan kepada burung memang tidak mudah. Anda harus sedikit memutar otak. Caranya, anda bisa memindahkan atau mengambil tempat minum, makanan dan buah-buahan atau semua makanan yang ada di dalam sangkar, sehingga, yang tertinggal hanya burung CJ dan cepuk ramuan di dalam sangkar.

D. Agar Suara Cucak Jenggot Mengkristal
Perawatan Cucak Jenggot selanjutnya berfungsi untuk membuat suaranya bisa jernih atau mengkristal. Yaitu, dengan memanfaatkan air teh yang tidak terlalu manis.
Caranya pembuatannya adalah:
1. Pertama, Anda bisa menyediakan air teh yang di berikan sedikit gula.
2. Tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis (setengah potong).
3. Setelah ketiga bahan dicampur, baik teh, gula dan air perasan jeruk nipis. Kemudian air tersebut diberikan kepada burung maksimal 2 kali seminggu.
4. Beberapa peternak (breeder) atau kicaumania terkadang menggunakan larutan penyegar. Namun, metode sebelumnya juga tidak kalah baiknya.

Baca juga informasi yang telah kami share sebelumnya: cara menjodohkan cucak jenggot.