Menyediakan Sarana-Sarana Pendukung Budi Daya Burung Cucak Jenggot

Advertisement
Advertisement
Postingan sebelumnya telah kami ulas panjang lebar mengenai tips agar cucak jenggot gacor, dan lai ini kami akan berikan penjelasan mengenai sarana-sarana pendukung budi daya cucak jenggot. Setelah anda menyiapkan kandang budi daya cucak jenggot model minimalis maupun maksimalis, kini saatnya anda menyediakan sarana-sarana pendukung budi daya.

Budi daya cucak jenggot tidak hanya membutuhkan kandang dan pakan saja (baca: kandang cucak jenggot dan pakan cucak jenggot), tetapi juga perlu sarana pendukung lainnya yang tak kalah penting dalam menunjang kebutuhan sehari-hari cucak jenggot. Adapun sarana-sarana yang termasuk pendukung budi daya antara lain sebagai berikut:

tangkringan cucak jenggot, sarang cucak jenggot, wadah pakan cucak jenggot, wadah minum cucak jenggot, tempat karamba cucak jenggot

1. Dahan kayu (sebagai tangkringan)
Dahan kayu ini sangat diperuntukkan sebagai tangkringan bagi cucak jenggot saat berada di dalam kandang.dahan kayu idealnya terbuat dari kayu keras dan permukaannya halus, misalnya kayu asam, jambu biji, mahoni, dan sebagainya. Selain itu, diameternya juga harus ideal, menyesuaikan dengan lingkar telapak kaki cucak jenggot.

Jumlah dahan kayu yang dipasang di dalam kandang bisa satu, dua, atau tiga buah dengan ukuran panjang menyesuaikan panjang badan kandang budi daya. Jika kandang yang digunakan model minimalism aka panjang dahan kayu kira-kira 40-55cm. sementara itu, jika kandang budi daya yang digunakan adalah model maksimalis, panjang dahan kayu kira-kira 80-95cm, atau bahkan lebih.

2. Box sarang
Box sangat perlu disediakan di dalam kandang budi daya cucak jenggot, baik model minimalis maupun maksimalis. Box sarang ini berfungsi sebagai baby box anakan cucak jenggot yang menetas. Box sarang diperlukan anakan cucak jenggot hingga umur 21 hari atau setelah ia bisa terbang dan tidur di dahan kayu. Ukuran box sarang yang ideal menyesuaikan dengan ukuran tubuh cucak jenggot beserta ukuran tubuh dua atau tiga ekor anaknya.

Box sarang pada dasarnya jika berfungsi untuk menghindarkan anakan cucak jenggot dari suhu lingkungan yang terlalu dingin. Oleh karena itu, box sarang harus memiliki dinding yang tidak tembus udara dingin. Untuk masalah penempatan, box sarang bisa juga ditaruh di langit-langit atau bagian atas kandang.

Box sarang untuk cucak jenggot ini bisa dibuat sendiri menggunakan kayu berukuran tipis (tripleks) atau kardus. Tetapi, bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk membuatnya, box sarang juga dapat dibeli di toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung dengan kisaran Rp.6.000 hingga Rp.12.000 (tergantung bentuk/modelnya).

3. Wadah pakan
Wadah pakan yang digunakan di dalam kandang budi daya cucak jenggot, baik model minimalis maupun maksimalis, sebaiknya dibilih dari bahan yang tidak mudah pecah dan mudah dibersihkan. Bentuk dan ukurannya menyesuaikan wadah pakan pada umumnya yang banyak dijual di toko-toko. Selain itu, wadah pakan juga harus mudah dipasang dan diambil dari dalam kandang, serta memiliki pengunci, sehingga tidak mudah digulingkan oleh cucak jenggot yang meloncat-loncat di dekat wadah pakan.

Wadah pakan seperti yang telah dijelaskan tersebut bisa dibeli di toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung dengan kisaran harga Rp.1.000 hingga Rp.5.000, tergantung dari motif dan modelnya. Sementara, untuk penempatannya, wadah pakan bisa diletakkan di dekat dahan kayu yang digunakan sebagai tangkringan dengan posisi berlawanan dengan wadah minum.

4. Wadah minum
Wadah minum yang digunakan di dalam kandang budi daya cucak jenggot sebaiknya berbahan dasar plastic dan mudah dibersihkan. Selain itu, harus mudah diambil dan ditaruh kembali ke dalam kandang, supaya tidak membuat takut cucak jenggot yang berada di dalamnya.

Dewasa ini, telah berkembang banyak sekali wadah minum dengan motif dan model yang beraneka ragam. Dari banyaknya wadah minum tersebut, sebaiknya anda tetap memilih wadah minum dengan ciri yang telah dijelaskan sebelumnya. Sebab, berdasarkan para pembudidaya cucak jenggot, wadah minum dengan ciri seperti itulah yang paling bagus dana wet.

Terkait dengan toko penjualnya, wadah minum bisa dibeli di toko-toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung dengan kisaran harga Rp.1.000 Rp.5.000, tergantung juga dari motif dan modelnya. Sementara, untuk penempatannya, wadah minum bisa diletakkan di dekat dahan kayu yang digunakan sebagai tangkringan dengan posisi berlawanan dengan wadah pakan.

5. Tempat karamba
Tempat karamba hanya perlu disediakan di dalam kandang budi daya cucak jenggot model maksimalis. Tempat karamba ini digunakan sebagai tempat mandi bagi cucak jenggot yang berada di dalam kandang, supaya selalu terjaga kesehatannya, terhindar dari jamur-jamur yang menempel di kaki dan bulu-bulunya, selalu terlihat segar, dan sebagainya.

Tempat karamba yang disediakan ini bisa terbuat dari bahan dasar atom plastic atau seng, tergantung dari kesukaan si pemilik. Keduanya sama-sama bagus untuk digunakan sebagai tempat mandi cucak jenggot. Setelah karamba disediakan di dalam kandang, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya satu atau dua kali sehari, supaya tetap segar dan cucak jenggot bersemangat untuk mandi di sana. (Om Shodiq Gacor)