Ciri-Ciri Burung Parkit Holland, Burung Spesial

Advertisement
Advertisement
Burung Parkit merupakan salah satu burung kicau yang tubuhnya berukuran sedang namun terkenal sangat cerdas dan berasal dari luar negara Indonesia. Beberapa Burung Parkit berasal dari Holland atau Belanda, berasal dari Australia dan ada juga yang berasal dari Amerika. Sebelumnya sudah kami ulas seputar burung parkit Australia, dan kalini seputar parkit belanda (baca: jenis parkit).

parkit holland

Burung Parkit memiliki beberapa kelebihan dan keunikan yang harus anda ketahui diantaranya adalah, burung ini apabila dilatih dengan baik bisa berbicara. Selain itu, burung ini juga bisa memutar kepalanya hingga 180 derajat. Burung cerdas dan unik ini juga memiliki fakta lain yaitu, jari kakinya yang berjumlah dua menghadap ke depan dan dua menghadap ke belakang.

Rata-rata suhu tubuh Parkit adalah 39 derajat celcius dengan detak jantung yang bisa berdetak hingga 200 kali per menit. Fakta unik lainnya mengenai burung ini adalah kemampuannya dalam merekam gambar per detik, yaitu, sekitar 150 gambar per detik. Apabila dibandingkan dengan manusia, manusia hanya mampu merekam sekitar 16 gambar per detik.

Burung ini juga bisa mendengarkan suara dengan jangkauan 400 - 20.000 hz. Mungkin informasi ini akan penting untuk anda yang ingin memelihara Parkit terutama apabila akan di-master.

Ciri-ciri Umum Parkit Holland
Burung Parkit Holland tentu tidak jauh berbeda dengan Burung Parkit lainnya yang berasal dari Australia maupun Burung Parkit lokal untuk sebutan Burung Parkit yang dikembangbiakkan di Indonesia.

Burung Parkit Holland memiliki ukuran tubuh atau body yang lebih besar dibandingkan dengan Parkit lokal. Selain itu, warna bulunya juga lebih bervariasi.

Beberapa faktor penting yang harus anda ketahui tentang Burung Parkit yang berasal dari Belanda ini diantaranya adalah, biasanya mereka kesulitan untuk beradaptasi di Indonesia karena temperatur udara yang sangat berbeda. Selain itu, perbedaan cuaca juga sangat berpengaruh. Apabila tidak dirawat dengan baik dan tidak mengetahui seluk beluk perawatan Burung Parkit Holland, kemungkinan Burung Parkit tidak akan berumur lama. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui lebih jauh mengenai seluk beluk perawatan burung ini secara detail (baca: ternak parkit).

Perawatan Parkit Holland

A. Kandang 
kandang tidak harus besar. Namun apabila anda akan menaruh banyak burung di dalam satu kandang, maka ukurannya bisa jadi meningkat. Burung Parkit adalah burung koloni sehingga mereka sangat suka berkelompok. Walau demikian, burung ini adalah jenis burung yang setia pada pasangannya.
Apabila burung ditempatkan berpasang-pasangan, maka ukuran kandang yang ideal adalah: lebar 40 x panjang 40 x tinggi 60 cm.

Suhu udara harus benar-benar diperhatikan karena tidak sedikit Burung Parkit Holland yang kesulitan beradaptasi dengan cuaca di Indonesia (baca: kandang parkit).

B. Makanan
Makanan Burung Parkit tidak terlalu sulit. Anda bisa memberinya biji-bijian seperti jagung muda, millet, buah pepaya, buah pisang, buah apel, sayur bayam, sayur kol, dan burung ini juga menyukai wortel (baca: makanan parkit). Jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya yang tak kalah menarik seputar burung parkit, yaitu "suara parkit".