Mengenal Ciri Burung Parkit Australia yang Cantik dan Istimewa

Advertisement
Advertisement
Banyak dari kita mungkin tidak mengetahui bahwa Burung Parkit sejenis Burung Lovebird atau Burung Nuri bukan merupakan burung asli Indonesia, melainkan berasal dari luar negari seperti Australia, Amerika maupun berlari Belanda. Khusus untuk Parkit yang berasal dari Australia, burung ini biasanya disebut dengan nama Budgerigar yang berasal dari bahasa Aborigin, yaitu suku asli Australia. Arti kata tersebut adalah “enak dimakan.”

parkit australia

Burung Parkit Australia merupakan burung yang banyak di ternak di Indonesia. Memiliki beberapa warna bulu yang dominan diantaranya adalah warna biru, kuning, abu-abu, dan ada juga yang memiliki bulu dengan kombinasi berbagai warna (baca: ternak parkit).

Burung Parkit biasanya menyukai sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Begitu juga dengan Parkit Australia yang terkadang memakan kerikil untuk membantu menghaluskan makanan. Burung ini bersifat monogami dan biasanya sangat sulit dibedakan antara jantan dan betina. Untuk bisa membedakan burung jantan dan betina bukan dilihat dari kelaminnya karena burung jantan tidak memiliki alat kelamin. Melainkan, harus dilihat dari ciri-ciri fisiknya (baca: perbedaan parkit jantan dan betina).

Makanan
Burung Parkit Australia menyukai makanan yang berasal dari biji-bijian seperti millet. Baik itu millet merah maupun millet putih. Kemudian buah-buahan seperti buah apel, buah melon dan buah pisang. Burung ini juga menyukai sayuran seperti brokoli, wortel, jagung, atau sayur bayam.

Reproduksi
Burung Parkit Australia bisa dijodohkan dengan Burung Parkit lain dan apabila melakukan reproduksi setelah perkawinan, Burung Parkit akan bertelur sebanyak 4 hingga 6 butir. Setelah itu, biasanya burung akan mengerami telurnya selama 17 hingga 19 hari.

Anak Burung Parkit bisa dipanen setelah 10 hari, dimana mereka membuka matanya pada hari ke 10. Sedangkan bulu-bulunya biasanya akan mulai tumbuh sejak mereka berusia 2 minggu. Bulu-bulu tersebut akan tampak lebih sempurna setelah burung berusia 1 bulan.

Rata-rata anak Burung Parkit siap meninggalkan sarangnya pada saat mereka sudah berumur 42 hari. Dan proses perontokan bulu atau yang biasa kita kenal dengan istilah mabung terjadi setelah burung berusia 4 bulan.

Pada usia 5 bulan, Burung Parkit betina biasanya sudah mulai belajar bertelur.
Beberapa ciri-ciri lain Parkit Australia di antaranya adalah, pada saat mereka berusia 6 bulan akan muncul lingkaran berwarna putih di sekitar bola mata. Lingkaran tersebut biasanya dikenal dengan nama cincin iris. Cincin iris itu berfungsi untuk mengindikasikan umur burung yang biasanya sudah semakin tua.

Rata-rata hidup Burung Parkit bisa bertahan antara 5 hingga 8 tahun, dan beberapa diantaranya mungkin akan mencapai 10 tahun.

Berapa Burung Parkit yang dilatih ternyata bisa berbicara. Selain dikenal cerdas, burung ini juga sangat populer. Keunikan lahir yang dimiliki oleh Burung ini diantaranya adalah, mereka bisa memutar kepalanya hingga 180 derajat. Tentu saja keahlian tersebut merupakan keuntungan yang hanya dimiliki oleh Burung pintar ini. Terutama, dalam melindungi dirinya dari predator.
Di alam liar, Burung Parkit Australia biasanya hidup di gurun dan di semak (baca: cara menjinakkan parkit).

Perawatan Burung Parkit Australia
Burung Parkit Australia apabila dirawat dengan baik bisa memiliki suara yang bagus (baca juga: suara parkit). Dan bisa diperdengarkan master dari berbagai bunyi burung lain.
  • Perawatan dipagi hari mulai dengan, mengangin-anginkan burung sekitar setengah jam atau satu jam. Kemudian dilanjutkan dengan memandikan burung. Lalu menjemurnya selama satu atau dua jam sembari memberikan makanan pendamping, baik itu buah-buahan, biji-bijian atau sayuran (baca: makanan parkit).
  • Setelah burung dijemur, burung kemudian diangin-anginkan kembali selama kurang lebih setengah jam sebelum dimasukkan untuk beristirahat.
  • Pada siang hari hingga sore hari, burung bisa kembali diperdengarkan suara master untuk melatih memorinya merekam berbagai suara burung.
  • Pada sore hari, burung harus diangin-anginkan kembali atau dimandikan dan kemudian pada malam hari disimpan dengan mengkrodong kandangnya.
  • Pada malam hari anda juga bisa mendengarkan suara audio atau MP3 master burung.
  • Yang harus anda perhatikan saat perawatan adalah, kebersihan kandang Burung Parkit. Karena burung ini bisa membuang kotoran atau poop setiap 10 atau 20 menit sekali (baca: kandang parkit).