Makanan Yang Bagus Untuk Burung Parkit

Advertisement
Advertisement
Makanan Burung Parkit sebenarnya tidak terlalu sulit ditemukan karena burung ini adalah penyuka biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.Burung parkit saat ini terbilang cukup mudah ditemukan, karena memang perawatannya yang mudah, dan banyak penangkarnya (lihat: harga parkit)

makanan parkit

Jika anda menyederhanakannya, maka merawat Parkit pun akan menjadi sederhana. Sebaliknya apabila anda membuatnya menjadi rumit maka merawat Burung Parkit pun akan menjadi sangat merepotkan (baca: cara ternak parkit).

Berbagai Makanan Burung Parkit

A. Biji-bijian
Makanan yang disukai Burung Parkit di antaranya adalah biji-bijian. Biji-bijian bisa berasal dari biji jagung muda terutama yang masih segar dan basah. Apabila anda membeli biji jagung di petani, ada baiknya anda memeriksa biji jagung tersebut dengan cara merendamnya di baskom. Jika biji jagung tenggelam menandakan bahwa biji jagung tersebut masih bagus. Namun sebaliknya, jika terapung maka kemungkinan besar sudah kering dan kopong.

Biji-bijian selanjutnya yang disukai oleh burung ini adalah beras merah. Anda bisa memilih beras, yang bagus atau membelinya dari petani.

Kemudian burung ini juga menyukai milet putih atau merah. Kedua millet tersebut bisa menjadi makanan Parkit.

Burung ini juga menyukai Jewawat. Beberapa daerah menyebutnya dengan nama Otek, di daerah Nusa Tenggara disebut dengan Betematau atau Jawe.

B. Sayuran
Sedangkan dari sayuran, Burung Parkit menyukai sayur kol, sayur bayam, toge, dan brokoli.

C. Buah
Dari jenis buah-buahan anda bisa memberikan buah apel, buah melon, buah pisang, buah pir dan beberapa buah-buah segar yang lainnya. Namun harus anda ingat bahwa, Burung ini juga memiliki pantangan buah-buahan yang tidak boleh dimakan diantaranya adalah: Anda tidak boleh memberikan Burung Parkit buah alpukat dan buah coklat serta sayur terong.

Kedua buah tersebut baik coklat maupun alpukat dikenal sebagai buah beracun untuk burung ini.

D. Batu Kerikil
Mungkin anda pernah mendengar beberapa orang memberikan burung ini batu mineral, yang mungkin terdengar sedikit aneh. Namun anda tidak perlu kaget karena Burung Parkit biasanya memakan kerikil-kerikil kecil untuk membantu menghaluskan makanan. Hal tersebut tidak lepas dari adanya ampela atau gizard yang dimiliki oleh Burung Parkit. Pencernaan tersebut bisa menampung kerikil yang akan membantu menghaluskan biji-bijian yang dimakannya.

Jadi, sebelum biji-bijian tersebut masuk ke dalam usus, terlebih dahulu akan diremas-remas di ampela dan manfaatkan kerikil kecil untuk menghaluskannya agar lebih mudah diserap pada saat berada di usus. Fungsinya kurang lebih sama seperti gigi pada manusia.

E. Pakan Jadi
Selain berasal dari makanan alami yang bisa kita beli di pasar maupun di penjaja sayuran, sebenarnya ada juga makanan yang sudah dikemas dalam bentuk profesional yang siap diberikan untuk Burung Parkit. Makanan tersebut biasanya berupa makanan olahan dan gabungan dari berbagai jenis makanan serta mengandung berbagai vitamin yang sesuai untuk burung tersebut. OrBird bisa dijadikan sebagai suplemen dan vitamin tambahan yang tepat, karena kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan burung.

Jadi, jika anda tidak ingin repot membeli sayuran, buah-buahan, atau biji-bijian, anda bisa membeli langsung makanan khusus untuk Burung Parkit yang bisa langsung disajikan tanpa repot.

Sekian beberapa makanan parkit terbaik yang bisa anda berikan untuk parkit kesayangan anda, semoga anda semakin sukses dalam beternak burung parkit (simak juga: suara parkit).