Makanan Terbaik Untuk Burung Kolibri Ninja

Advertisement
Advertisement
Burung Madu atau yang terkadang disebut oleh beberapa orang sebagai Burung Kolibri adalah burung kecil yang ukurannya tidak lebih dari 7 cm, gemar mencari makan di kebun, di pinggir hutan dan di pantai seperti di hutan-hutan bakau. Sedikit berbeda dengan burung kicau lainnya seperti Cucak Rowo, Ciblek, Kacer, dan lain-lain, burung ini menyukai makanan yang memiliki rasa manis seperti madu dan nectar (lihat juga: harga kolibri).

Seperti yang kita tahu bahwa burung ini bisa mengepakkan sayapnya dengan sangat cepat sehingga kemampuan menjelajah dan terbangnya juga sangat jauh. Walaupun berukuran kecil, burung ini bisa menampung hingga 54 Km dalam waktu 1 jam. Selain itu, akrobatik seperti terbang secara vertikal juga bisa dilakukan burung ini. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa burung ini menyukai makanan-makanan manis yang bisa dijadikan sebagai energy booster.

makanan kolibri ninja

Dan perlu anda tahu bahwa Burung Kolibri tidak hanya satu jenis. di Indonesia dikenal beberapa Burung Kolibri seperti, Burung Kolibri Sepah Raja, Burung Kolibri Jawa, Burung Kolibri Kelapa, dan lain-lain. Klasifikasi tersebut sebenarnya ada yang berdasarkan habitat burung dan ada juga yang berdasarkan asal daerahnya (baca: cara merawat kolibri ninja anakan).

Makanan Kolibri Ninja
Apabila anda tertarik untuk memelihara salah satu Burung Kolibri, yaitu Burung Kolibri Ninja atau yang biasa disingkat juga dengan nama Konin, berikut adalah beberapa jenis makanan yang disukai oleh burung tersebut.

A. Madu
Madu merupakan produk alami yang kaya akan nutrisi, bisa dijadikan sebagai sumber vitamin dan anti bakteri. Kolibri Ninja sangat menyukai madu dan anda bisa memberikan makanan madu yang dicampurkan dengan gula untuk burung tersebut.

B. Nektar
Nektar adalah cairan manis yang biasanya ada di dalam madu maupun di ketiak daun atau di dalam bunga yang disukai oleh lebah dan bisa juga dihisap oleh Burung Kolibri Ninja.
Selain dari alam, nektar ternyata juga bisa kita temukan dengan mudah di toko burung yang menjual produk jadi.

C. Makanan Ekstra
Makanan ekstra bisa diberikan dalam bentuk susu kental manis dengan brand apa saja. Susu kental manis bisa menjadi sumber vitamin untuk burung agar tetap sehat dan aktif.

Cara pemberiannya tidak perlu dicampurkan dengan air layaknya memberikan makan atau minum kepada manusia. Namun, cukup diteteskan beberapa tetes saja dan selanjutnya biarkan burung menghisapnya.

Solusi lainnya adalah dengan memberikan suplemen dan multivitamin OrBird.

D. Ulat dan Kroto
Ulat hongkong atau kroto tentu tidak sulit untuk ditemukan. Hampir semua toko burung menyediakan makanan ini. Manfaat kroto dan ulat hongkong adalah sebagai sumber protein untuk burung.
Agar burung ini mau makan ulat hongkong atau kroto, anda bisa memberikannya dipagi hari pada saat dimandikan, dimana burung dalam keadaan lapar.