Makanan Favorit Burung Jalak Suren

Advertisement
Advertisement
Merawat Jalak Suren tidak lepas dari beberapa faktor penting diantaranya adalah, perawatan kandang, pemberian makan dan perawatan kebersihan. Khusus untuk makanan, biasanya sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kemungkinan burung untuk bisa gacor (rajin berkicau).

Makanan juga memainkan peranan sangat penting pada saat burung ini berganti bulu atau pada saat molting (baca juga: harga jalak suren).

burung jalak suren

Tips Pemberian Makanan pada Jalak Suren

A. Pakan atau Makanan Utama
Burung yang didapatkan dari peternak atau breeder biasanya sudah terbiasa makan voer. Yang diberikan sebaiknya berkualitas dan mengandung banyak protein seperti voer untuk ayam, voer untuk lele, atau voer hijau.

B. Makanan Ekstra
Makanan ekstra bisa berupa binatang-binatang kecil atau serangga dan buah-buahan. Akan tetapi perlu anda perhatikan bahwa makanan ekstra (EF) sebaiknya diberikan tidak terlalu sering atau diselang-seling setiap hari.

Diantara makanan-makanan yang disukai oleh burung Jalak Suren adalah, jangkrik, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, biji-bijian, buah pisang, buah pepaya, dan buah apel.
Cacing

Pemberian cacing bisa dilakukan dua kali dalam seminggu dalam porsi yang tidak terlalu banyak misalnya pada pagi hari.

Ulat Hongkong (UH)
Tidak jauh berbeda dengan cacing, ulat hongkong juga bisa diberikan dua kali dalam seminggu terutama pada pagi hari.

Kroto
Pemberian kroto maksimal 3 kali dalam seminggu. Dalam satu hari berikan satu sendok makan kroto
.
Jangkrik
Sedangkan untuk jangkrik, bisa diberikan setiap hari dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Misalnya 3 ekor setiap hari atau anda juga bisa memberikannya 5 hingga 10 ekor setiap hari tergantung dari kebutuhan dan ketersediaan pakan tersebut.

Buah-buahan
Pemberian buah-buahan juga sebaiknya tidak terlalu sering. Misalnya tiga kali dalam seminggu anda bisa memberikannya pisang pada hari senin, kemudian pepaya pada hari rabu atau kamis, kemudian apel pada hari sabtu.

C. Makanan Saat Mabung
Pada saat burung mabung atau pada saat Jalak Suren berganti bulu, mereka biasanya membutuhkan energi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. Oleh sebab itu, dibutuhkan makanan dalam jumlah yang banyak dan bergizi untuk melewati masa 3 minggu pergantian bulu.
Beberapa breeder menyarankan EF buatan sendiri seperti:

Bahan-bahan
- Tepung tulang ikan bisa dibeli di toko pakan burung.
- Tepung daging.
- Tepung udang. Cara membuatnya adalah dengan mengeringkan udang terlebih dahulu menggunakan sinar matahari atau Oven kemudian di giling hingga halus.
- Satu butir telur ayam atau telur bebek.
- Voer untuk ayam.

Cara Pembuatan
1. Campuran semua jenis tepung mulai dari tepung udang, tepung daging, tepung tulang kemudian tambahkan juga voer ayam secukupnya lalu aduk hingga rata.
2. Setelah itu kocok 1 butir telur kemudian campurkan.
3. Setelah dicampurkan dan diaduk hingga rata, kemudian pakan di jemur hingga mengering. Proses penjemuran bisa di bawah sinar matahari atau bisa juga dikeringkan dengan menggunakan oven.
4. Setelah kering, kemudian pakan tersebut digoreng menggunakan api sedang dan berikan minyak sedikit agar tidak lengket di wajan.
5. Setelah kering, kemudian diangkat dan ditempatkan di wadah yang tertutup.
6. Makan ini cocok diberikan untuk burung Jalak Suren yang sedang mabung. Anda bisa memberikan pakan ini setiap satu hari sekali sebanyak 1 sdm (sendok makan).

Alternatif lain yang lebih praktis
Yaitu dengan memberikan suplemen dan multivitamin yang terbuat dari bahan-bahan herbal, OrBird menjadi pilihan yang tepat dan sangat bagus sebagai suplemen tambahan untuk burung.