Ciri-Ciri Burung Kolibri Ninja Jantan

Advertisement
Advertisement
Burung Kolibri adalah penerbang ulung yang bisa mengepakkan sayapnya 12 hingga 80 kali dalam waktu 1 detik. Dengan kepakan sayap sebanyak itu, burung ini bisa melakukan gerakan terbang di tempat atau gerakan terbang secara vertikal. Tidak hanya itu, burung ini juga terkenal sangat cepat. Bisa melakukan perjalanan hingga 54 Km dalam waktu 1 jam (baca: cara merawat kolibri anakan).

Bahkan, burung ini juga bisa melakukan perjalanan sejauh 804 KM dalam satu kali penerbangan. Luar biasa bukan? Itulah sebabnya mengapa burung ini sangat menyukai madu dan makanan makanan manis yang berasal dari nektar maupun gula. Makanan tersebut berfungsi untuk meningkatkan energi dan membuatnya sebagai booster (baca: makanan kolibri ninja).

kolibri ninja jantan

Beberapa jenis Kolibri yang dikenal di Indonesia antara lain: Burung Kolibri Sepah Raja yang memiliki ciri-ciri dominan warna merah dan hitam (lihat juga: harga kolibri). Selain itu, terdapat juga Burung Kolibri Kelapa yang didominasi warna kuning hitam dan sedikit warna biru. Selanjutnya, terdapat juga Burung Kolibri Sriganti yang tidak jauh berbeda dengan Burung Kolibri Kelapa, yaitu memiliki warna yang didominasi dengan warna kuning. Selain ketiga Burung Kolibri di atas, Kolibri lain yang juga banyak dipelihara antara lain Burung Kolibri Jawa, Burung Kolibri Tasik dan juga Burung Kolibri Ninja.

Kolibri Ninja Jantan
Burung Kolibri terkenal memiliki suara yang jernih walaupun tidak terlalu banyak variasinya, namun terdengar sangat unik dan sedikit cempreng. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung yang harganya berkisar antara Rp. 200.000 hingga 350.000 untuk burung dengan usia dibawah 1 tahun ini, berikut adalah cara membedakan antara burung jantan dan betina.

A. Warna Bulu
Perbedaan antara Konin jantan dan Konin betina sangat mencolok. Burung jantan didominasi dengan warna hitam mulai dari pangkal paruh leher dan sayap termasuk juga punggung serta ekor. Dibagian dada dan perut burung ini berwarna merah. Sedangkan warna pelangi bisa terlihat di bagian kepalanya mulai dari mata bagian atas. Sebaliknya burung betina memiliki warna dominan lebih terang mulai dari abu-abu dan kuning pastel. Warna abu-abu terlihat mulai dari kepala hingga dada yang tampak bertransisi ke warna putih. Selanjutnya mulai dari perut hingga ke bagian ekor, berwarna kuning pastel.

B. Paruh
Jika burung yang sudah dewasa tidak terlalu sulit untuk dibedakan, sedikit berbeda halnya dengan burung bakalan. Pada saat masih menjadi anakan, anda bisa membedakan antara burung jantan dan betina dengan melihat ujung paruhnya. Burung Kolibri Ninja jantan memiliki paruh berwarna orange atau berwarna merah. Dan sedikit berbeda dengan burung betina yang cenderung lebih terang.

C. Warna Sayap
Warna sayap burung jantan akan terlihat hitam legam dan mengkilat berbeda dengan burung betina yang tampak lebih terang, memiliki warna coklat atau keabu-abuan.