Mengenal Burung Kolibri Kelapa

Advertisement
Advertisement
Burung kolibri kelapa ini memiliki nama lain, dalam bahasa Inggris yaitu Brown throated sunbrid. Keren sekali namanya kan? kolibri jenis ini juga merupakan kolibri yang menjadi incaran kolibri mania, karena selain tampilannya yang unik dan keren, juga tembakannya keren juga. Meskipun ada jenis kolibri yang lain yang lebih populer, seperti kolibri ninja.

Umumnya, burung kolibri kelapa ini postur nya terbilang mungil, yaitu sekitar 13 cm, dan untuk membedakan kolibri jantan dengan betinyanya juga cukup mudah ketika sudah dewasa. Kolibri kelapa yang jantan terlihat jelas dengan tanda punggungnya berwarna hijau mengkilap, dan juga memiliki mahkota.

kolibri kelapa

Kolibri kelapa bersifat cukup agresif, biasanya burung ini sering kali mengusir burung madu lainnya jika ada yang datang untuk mencari makanan madu di sekitarnya. Sarang burung ini juga cukup unik, yakni membentuk seperti kantung yang menggantung, terbuat dari serat-serat rumput yang kering, dan biasanya berada di lokasi yang rindang, sepi, dan nyaman.

Burung kolibri kelapa jika volumenya keras biasanya bernada "cwit-cwit / twit-twit", sedangkan untuk lagu yang biasa dan sederhana biasanya bernada "wiciuw-wiciuw". Nada yang unik bukan? suara kolibri kelapa juga patut untuk dijadikan sebagai bahan mastering untuk burung kicau, terutama untuk lomba. Tak sedikit yang menerapkan mastering dengan memakai kicauan burung ini, dengan berbekal media mp3, maka sudah bisa untuk memaster burung kicau kesayangan (dapatkan juga: suara kolibri ninja).

Perleu anda ketahui juga bahwa burung kolibri kelapa penyebaran di kawasan Asia cukup meluas, mulai dari semenanjung Malaysia, Filipina, hingga di Indonesia yang juga cukup banyak, terutama di Sulawesi, Sunda Besar, dan Nusa Tenggara. Untuk perawatannya pun terbilang cukup mudah, dan sesuai dengan kondisi cuaca atau iklim di Indonesia.

Burung madu jenis ini tinggalnya menetap, tak jauh berbeda dengan burung madu lainnya. Kolibri kelapa mudah dijumpai di kawasan perkebunan kelapa, hutan mangrove, semak pantai, dan lain-lain. Selain gemar memakan nektar bunga pada benalu, pisang, maupun bunga sepatu, juga burung ini gemar memakan hewan jenis serangga (misal: laba-laba), dan ulat.