Ciri-Ciri Burung Kepodang Jantan

Advertisement
Advertisement
Burung Kepodang di alam liar terkenal cukup agresif. Bahkan beberapa burung tersebut tidak ragu-ragu untuk melukai lawannya apabila ia merasa terganggu. Sebagai salah satu ciri khas burung petarung, Burung jenis ini bahkan tidak sungkan-sungkan untuk memakan anak burung yang masih kecil jika diperlukan. Itulah sebabnya mengapa banyak burung lain yang memusuhi Kepodang.

Selain kekurangannya tersebut, ternyata Burung Kepodang juga memiliki banyak kelebihan, mulai dari bulunya yang tampak sangat bagus sehingga dikatakan sebagai burung pesolek, dan banyak juga dimanfaatkan sebagai bagian dari ritual tertentu. Tidak hanya itu, suaranya yang khas serta menggelegar juga menjadi nilai lebih dari burung ini (lihat juga: harga kepodang).

kepodang jantan

Membedakan Kepodang Jantan dan Betina
Untuk bisa membedakan antara Burung Kepodang jantan dan burung betina memang tidak mudah. Dibutuhkan keahlian serta mata yang awas untuk bisa membedakannya karena burung ini memang terlihat identik. Bagi anda yang ingin menambah pengetahuan seputar tips membedakan jenis kelamin Kepodang, berikut beberapa diantaranya.

A. Topeng
Cara pertama untuk membedakan burung jantan dan betina adalah dengan melihat topeng, atau mantel, atau bulu berwarna gelap yang terdapat dibagian mata hingga kepala bagian belakang. Burung jantan memiliki mantel atau topeng yang lebih tipis dibagian belakang kepala dibandingkan dengan burung betina yang tampak lebih luas dan lebih lebar.

B. Pangkal Ekor
Untuk membedakan burung jantan dan betina selanjutnya adalah dengan memperhatikan pangkal ekornya. Di atas pantat burung tersebut terdapat bulu berwarna kuning yang tampak jelas apabila burung tersebut berjenis kelamin jantan. Sedangkan pada burung betina, bulu kuning tersebut tampak gelap dan tidak sejelas burung jantan.

C. Garis Kuning pada Sayap
Cara mudah selanjutnya untuk membedakan burung jantan dan betina adalah dengan memperhatikan garis-garis kuning pada sayapnya. Goresan garis kuning tersebut, pada burung jantan tampak lebih lebar dan renggang. Sedangkan pada burung betina terlihat lebih sempit

D. Ekor
Ekor burung jantan memiliki warna kuning dibagian sisinya, kemudian terdapat warna hitam di bagian tengahnya. Sedangkan untuk burung betina, ekornya memiliki warna kuning yang tidak terlalu banyak atau lebih sedikit dibagian sisinya apabila dibandingkan dengan burung jantan. Dengan kata lain, ekor burung betina lebih didominasi warna hitam.