Tips Pembuatan Kandang Burung Parkit

Advertisement
Advertisement
Kandang Parkit bisa sangat bergantung pada kebutuhan. Oleh sebab itu, anda bisa membuatnya sederhana atau kecil saja, atau mungkin juga anda harus membuat kandang atau sangkar yang lebih besar jika memiliki banyak pasangan burung.

kandang parkit

Apabila anda berencana untuk menempatkan satu pasang burung di dalam satu kandang, maka ukurannya tidak terlalu besar. Anda bisa membuat ukuran kandang sekitar panjang 40 cm x lebar 40 cm x tinggi 60 cm. Ini merupakan ukuran ideal untuk kandang sepasang Burung Parkit.

Sedangkan apabila anda ingin menempatkan lebih dari 6 pasang burung di dalam satu kandang, maka ukurannya minimal adalah, panjang 100 cm x lebar 100 cm tinggi 150 cm.

Apabila anda memiliki lahan yang luas dan Burung Parkit yang banyak, misalnya lebih dari 40 pasang, maka anda bisa membuat ukuran besar misalnya lebar 250 x panjang 250 x tinggi 200 cm.
Ukuran kandang yang besar dan dapat menampung banyak burung memang bisa menjadi alternatif terutama jika anda enggan atau tidak ingin repot. Namun perlu anda ketahui, kandang yang besar memiliki beberapa kelemahan dan salah satunya adalah, terkadang apabila terlalu banyak burung di dalam sangkar atau kandang, biasanya mereka akan lebih mudah stres dan lebih mudah terganggu akibat adanya burung lain.

Desain Kandang
Desain untuk sebuah kandang Burung Parkit sebenarnya sederhana. Anda bisa membuatnya dari kawat atau dari jeruji. Atau, anda juga bisa membelinya di toko burung. Di dalam kandang setidaknya harus terdapat tempat minum, tempat makan, tempat bertengger, maianan, dan juga kotak yang berisi sarang Burung Parkit.

Dalam meletakkan tempat makanan dan minuman sebaiknya di tempat yang mudah terjangkau. Kemudian anda bisa membuat pintu berukuran besar atau kecil berjumlah satu atau dua sesuai dengan kebutuhan.

Jika kandang yang anda bangun besar, maka anda membutuhkan setidaknya dua pintu. Satu pintu untuk mengganti makanan maupun minuman, dan satu pintu lagi digunakan untuk membersihkan kandang. Pintu bisa diletakkan sedemikian rupa misalnya di atas satu dan dibawah satu.

Syarat Kandang yang Baik

A. Sirkulasi Udara dan Faktor Matahari
Sebuah kandang yang baik setidaknya harus bisa terkena sinar matahari pagi antara pukul 06.00 hingga pukul 10.00. Apabila tidak ada sinar matahari yang bisa menembus kedalam kandang, maka hal tersebut bisa menjadi masalah. Usahakan agar sinar matahari tidak terhalang apapun, entah itu kaca maupun yang lainnya. Karena, kaca dapat menghalangi manfaat dari sinar matahari pagi.

B. Lokasi Kandang
Pilihlah lokasi kandang yang tenang, jauh dari pemangsa atau hewan-hewan yang dapat membuat burung menjadi kaget dan stres. Beberapa hewan peliharaan lainnya seperti ayam, kucing, anjing, sapi dan lain-lain harus berada di tempat yang jauh atau tidak membuat burung terganggu.
Selain itu, akan sangat bijak apabila anda menempatkan kandang jauh dari mesin-mesin seperti mesin cuci, mesin pompa air, jauh dari orang yang berlalu-lalang, dan tidak terlalu berisik dengan kendaraan bermotor.

C. Kebersihan Kandang
Kebersihan kandang harus benar-benar diperhatikan. Pastikan kandang bebas dari kecoa, semut, maupun pemangsa seperti tikus. Selain itu, bakteri, jamur, dan lain-lain yang mudah tumbuh akibat kelembaban harus menjadi perhatian khusus. Bersihkan kandang secara rutin minimal 4 kali dalam seminggu. Terlebih jika ada banyak pasangan Burung Parkit di dalam satu kandang.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel tentang "suara parkit".