Kandang Budi Daya Burung Cucak Hijau Model Sangkar

Advertisement
Advertisement
Jika lokasi budi daya sudah ditentukan, kini saatnya menyiapkan kandang untuk pasangan indukan cucak hijau yang akan dibudidayakan, Dalam hal ini, salah satu kandang budi daya yang bisa dipilih adalah kandang model sangkar. Kandang budi daya model ini dibuat dari sangkar gantung berbentuk kotak atau kosan yang umum digunakan untuk memelihara cucak hijau. Biasanya, sangkar ini berukuran 40 cm, 45 cm, atau bahkan 60 cm. Setelah itu, kandang budi daya diberi tempat sarang berbentuk bulat yang ukurannya cukup untuk menampung indukan cucak hijau beserta anak-anaknya.

Sejauh ini, kandang budi daya cucak hijau model sangkar ini banyak digunakan oleh para penangkar cucak hijau di berbagai daerah. Selain menghemat lahan, kandang jenis ini juga mudah dipindahkan dan dibersihkan setiap saat. Kandang budi daya cucak hijau model sangkar ini pertama dicetuskan oleh om Gunawan Prasetyo, penangkar cucak hijau asal Banyuwangi, yang sekarang sudah berhasil memproduksi ratusan anakan cucak hijau di sentra budid daya cucak hijau miliknya.

kandang cucak hijau model sangkar

Om Gun, panggilan akrabnya itu, bisa mencetuskan kandang budidaya cucak hijau model sangkar karena terinspirasi oleh burung kenari jenis F2 yang bisa dibudidayakan di dalam sangkar berukuran sedang. Maka ia pun mencoba menerapkan metode budi daya ini untuk pasangan indukan cucak hijau yang ia pelihara, setelah sebelumnya kebingungan mencari tempat budi daya cucak hijau di lahan yang sempit di rumahnya.

Dari metode budi daya cucak hijau yang dilakukan oleh om Gunawan Prasetyo ini, sebenarnya dapat diambil kesimpulan bahwa budi daya cucak hijau pada dasarnya tidak membutuhkan lahan luas. Sebab, kandang model sangkar pun bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk membudidayakan burung yang dikenal mudah beradaptasi.