Kandang Budi Daya Burung Cucak Hijau Model Penangkaran

Advertisement
Advertisement
Jika mempunyai lahan cukup luas maka kandang budi daya model penangkaran juga bisa dipilih atau dijadikan alternatif untuk membudidayakan cucak hijau. Ukuran dari kandang budi daya model ini bervariasi, tetapi yang paling umum ditemui berukuran 70 x 70 x 160 cm.

Knadang budi daya model penangkaran secara umum digunakan oleh para penangkar untuk membudidayakan cucak hijau secara poligami. Jarang sekali dijumpai para penangkar yang membudidayakan ucak hijau di kandang budi daya model penangkaran secara perpasangan, mengingat luas ukuran kandang budi daya bisa dimanfaatkan untuk menampung beberapa calon indukan cucak hijau betina dengan satu calon indukan cucak hijau jantan.

kandang cucak ijo model penangkaran

Di dalam kandang budi daya cucak hijau model penangkaran biasanya terdapat sarana-sarana pendukung yang lengkap, mulai dari dahan kayu sebagai tangkringan, box bersarang (yang di dalamnya sudah diisi serabut-serabut halus), wadah pakan, wadah minum, hingga tempat karamba untuk mandi. Semua sarana budi daya tersebut dimaksudkan agar membuat cucak hijau yang berada di dalamnya merasa nyaman, sehingga cepat bisa berkembang biak.

Terkait desain atau konstruksi kandang budi daya cucak hijau model penangkaran ini, sebenarnya bisa menyesuaikan keinginan atau luas lahan yang ada. Tetapi, tetap perlu diperhatikan bahwa desain atau konstruksi kandang budi daya setidaknya harus memenuhi dua persyaratan sebagai berikut, yakni:

1. Kandang budi daya harus memiliki dinding kuat yang bisa melindungi cucak hijau dari hembusan angin kencang, sehingga cucak hijau tidak kedinginan.
2. Kandang budi daya harus memiliki atap yang tidak bisa ditembus air hujan, namun tetap bisa ditembus sinar matahari pagi, supaya cucak hijau tidak sakit akibat terkena air hujan secara langsung dan memperoleh provitamin D yang sangat penting untuk memelihara kesehatannya.

Kandang budi daya cucak hijau model penangkaran yang memenuhi dua persyaratan tersebut tentu mudah untuk dibuat, mengingat bahan-bahan yang diperlukan tidak sulit untuk didapatkan, seperti kayu dan kawat.Tetapi, bagi anda yang tidak mempunai waktu untuk membuatnya sendiri dikarenakan alasan pekerjaan, anda dapat membeli langsung di toko-toko yang menjualnya. Atau anda juga dapat mempekerjakan tukang kayu untuk membuatkan kandang budi daya cucak hijau model penangkaran dengan desain atau konstruksi sesuai keinginan.