Berbagai Macam Jenis Burung Tledekan Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Burung Tledekan saat ini memang mulai kurang diminati oleh kicaumania atau pecinta burung kicau. Walau demikian, masih ada banyak breeder yang berusaha mempertahankan burung ini. Namun jangan khawatir karena masih ada banyak penggemar di luar sana yang menyukai Burung Tledekan layaknya Burung Cucak Rowo yang dulu pernah tersingkirkan dah akhirnya kembali menjadi primadona dibanyak lomba.

Burung Tledekan dikenal juga dengan nama Burung Sulingan satu keluarga dengan Burung Sikatan. Burung Sulingan atau Tledekan memiliki nama latin cyornis sedangkan burung sikatan memiliki nama latin flycather.

jenis tledekan

Habitat Burung Tledekan
Banyak yang mengatakan sebagai burung ini datang bermigrasi dari Jepang, Korea, Rusia dan China. Burung ini bermigrasi karena wilayah asalnya tersebut sedang berada pada musim dingin. Mereka berusaha mencari tempat yang lebih hangat seperti negara-negara yang ada di dekat khatulistiwa termasuk juga Indonesia, Vietnam, Thailand dan Kamboja (baca juga: harga tledekan).

Jenis Tledekan
Di Indonesia, Burung Tledekan yang banyak dikenal diantaranya adalah, Burung Tledekan Gunung Jawa, Tledekan Gunung Kalimantan, Tledekan Laut, dan Tledekan Biru.

1. Tledekan Gunung Jawa
tledekan gunung jawa
Pemberian nama tersebut sebenarnya untuk menggambarkan bahwa burung ini biasa mencari makan di Gunung dan banyak ditemukan di daerah Jawa. Ciri-ciri paling mudah untuk menggambarkan Burung Tledekan Gunung Jawa adalah, warna bulunya di kepala bagian atas kemudian punggung hingga ekor berwarna biru gelap. Sedangkan dada hingga perut burung ini tampak berwarna orange.
Tledekan Gunung dikenal sebagai burung yang memiliki suara lebih keras dan lebih mengkristal dibandingkan dengan Tledekan Laut.

2. Burung Tledekan Gunung Kalimantan
tledekan gunung kalimantan
Tidak jauh berbeda dengan Tledekan Gunung Jawa, burung ini juga didominasi dengan warna bulu biru gelap dibagian kepala hingga punggung dan ekor. Kemudian dibagian dada dan perut, burung ini tampak berwarna orange, perbedaannya tidak begitu terlihat, namun apabila kita perhatikan lebih dekat, Burung Tledekan yang berasal dari Kalimantan memiliki warna di bagian dada dan perut tidak secerah burung dari Jawa.

Baca juga: tledekan gunung

3. Tledekan Laut
tledekan laut
Tledekan Laut dikenal juga dengan istilah Tledekan Bakau. Nama tersebut didapatkan karena burung ini memang sering terlihat di pinggir Laut atau di hutan-hutan bakau.
Burung ini terdapat di beberapa daerah seperti Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Kepulauan Karimun Jawa di Jawa Tengah dan juga terdapat di Jawa Barat.
Warnanya juga sangat mirip dengan Burung Tledekan Gunung Kalimantan maupun Burung Tledekan Gunung Jawa.

4. Burung Tledekan Biru Putih
tledekan biru putih, tledekan biru
Nama burung ini mengacu pada warna bulunya yang didominasi dengan warna biru dan warna putih. Warna biru terlihat hampir di seluruh tubuh burung kecuali, bagian perut hingga pantat. Bagian tersebut didominasi dengan warna putih.
Tledekan Biru
Ada dua jenis Burung Tledekan Biru yang dikenal di Indonesia. Diantaranya adalah, Tledekan Biru Muda dan Tledekan Ninon. Kecuali Tledekan Ninon, Tledekan biru muda lebih mudah dijumpai.

5. Tledekan Kembang
tledekan kembang
Jenis Tledekan Kembang warna bulunya didominasi oleh warna hitam. Dan warna putih yang hanya bisa kita temukan pada bagian sayap. Warna putih tersebut tampak mirip seperti yang dimiliki Burung Decu atau Burung Kacer.