Berbagai Macam Jenis Burung Parkit yang Populer Lengkap Dengan Gambar

Advertisement
Advertisement
Burung Parkit merupakan burung kicau dari famili Burung Nuri atau yang dikenal juga dengan nama Parrot. Burung ini hadir dalam berbagai warna, namun rata-rata ukurannya tidak terlalu besar. Panjang maksimal sekitar 20 cm dan berat maksimal sekitaran 32 gram.

jenis parkit

Burung Parkit bisa ditemukan di banyak tempat mulai dari, Amerika, Australia, Belanda dan negara-negara lain. Di Amerika, kita bisa menemukan Parkit Carolina yang memiliki nama latin conuropsis carolinensis dan saat ini sayangnya sudah punah karena lingkungan dan alamnya yang terus tergerus (baca: cara ternak parkit).

Selain itu, terdapat juga Parkit Australia yang merupakan salah satu asal Burung Parkit yang paling banyak kita temui di negara kita. Kemudian terdapat juga Burung Parkit Holland yang berasal dari Belanda. Burung Parkit Holland biasanya memiliki ciri-ciri tubuh yang lebih besar, kemudian warnanya pun lebih beragam. Beberapa contoh Burung Parkit yang ada saat ini diantaranya adalah Parkit Albino, Parkit Australia, Parkit Holland, Parkit Kuning, Putih, Biru, dll.

Dalam bahasa asing (Australia), Parkit sering disebut dengan Budgerigar atau Parakeet (inggris) atau dengan nama yang lebih singkat yaitu Budgie. Nama Budgerigar berasal dari bahasa Aborigin-Australia.

Banyak orang yang menyilangkan burung ini dengan berbagai jenis Parkit yang ada sehingga kombinasi warnanya pun semakin beragam. Ada yang berwarna biru, abu-abu, kuning, putih dan juga ada yang berwarna-warni tampak seperti kombinasi yang unik.

Mengenal Beberapa Jenis Parkit

Parkit Australia
parkit australia
Parkit Australia atau yang biasa juga disebut dengan nama Burung Palek merupakan Burung Parkit yang berasal dari negara Australia. Bentuk fisik burung ini tampak unik dan sangat cantik. Di bagian kepalanya terdapat jambul dan memiliki bulu yang bagus.

Pada awalnya, Parkit Australia berwarna abu-abu namun seiring dengan perkawinan silang yang terus dilakukan, maka lahirlah berbagai jenis Burung Parkit Australia misalnya Cinnamon, Dominant Silver, Albino, Lutino, Piet, Pearl, White Face, dan lain-lain.

Parkit Holland
parkit holland
Sesuai dengan namanya, Burung Parkit ini berasal dari Belanda atau dari Holland. Tidak ada ciri-ciri khusus untuk semua jenis Parkit, karena saat ini sangat sulit mengidentifikasi Parkit yang sebenarnya. Walau demikian, ada perbedaan antara Burung Parkit yang berasal dari Holland dan berasal dari Australia atau yang berada di Indonesia saat ini.

Perbedaan paling mendasar adalah ukuran tubuh Parkit Holland yang lebih besar dibandingkan dengan Burung Parkit lokal atau yang berasal dari Australia.

Selain ukuran tubuhnya, beberapa orang mengatakan bahwa Parkit Holland memiliki bulu yang lebih cantik dan lebih bervariasi.

Parkit Berdasarkan Warna
Selain membedakan Parkit berdasarkan asalnya, ternyata beberapa orang juga membedakan Parkit berdasarkan warnanya. Diantara beberapa Parkit yang banyak dikenal adalah, Burung Parkit kuning, Burung Parkit biru dan Burung Parkit Pied.

Habitat Burung Parkit
Burung Parkit yang hidup di alam liar, baik di Australia maupun di Belanda biasanya sangat suka sekali berkelompok karena mereka adalah hewan sosial. Habitat utama mereka berada di hutan-hutan belukar serta di gurun-gurun (baca juga: suara parkit).

Kebanyakan dari burung ini selalu bergerak ke manapun yang mereka inginkan dan dimanapun ada pasokan makanan serta air. Artinya, mereka tidak selalu berdiam di satu tempat. Burung ini biasanya membuat sarang pada lubang pohon (baca: kandang parkit).

Makanan Burung Parkit
Jika burung tersebut berasal dari breeder atau peternak, maka sudah jelas makanan utamanya adalah pelet. Sedangkan makanan pendamping bisa berasal dari biji-bijian, buah-buahan dan sayuran.
Diantara beberapa biji-bijian yang disukai Parkit adalah millet merah maupun milet putih dan jewawut.

Kemudian buah-buahan yang disukai oleh burung ini adalah buah melon, buah pisang, buah pir dan buah apel.

Burung juga menyukai jagung muda, brokoli, warna, toge dan sayur bayam.
Diantara beberapa makanan yang tidak boleh diberikan kepada Burung Parkit adalah coklat dan alpukat karena bersifat racun bagi Burung Parkit (baca: makanan parkit).

Jenis Kelamin Burung Parkit
Bagi yang tidak biasa, tentu sulit membedakan antara Parkit jantan dan betina karena burung ini hampir tidak memiliki perbedaan. Selain itu, Burung Parkit tidak memiliki penis untuk burung jantan. Biasanya mereka bereproduksi melalui kloaka. Itulah sebabnya mengapa kita membutuhkan sedikit pengalaman dan beberapa trik untuk bisa membedakan antara burung jantan dan burung betina (baca: perbedaan parkit jantan dan betina).