Berbagai Macam Jenis Burung Kolibri Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Di Indonesia, Burung Kolibri cukup dikenal dan memiliki banyak peminat. Berukuran sekitar 6.5 cm memiliki bulu berwarna cerah. Asal burung ini adalah Amerika Selatan dan Amerika Utara. Sehingga tidak mengherankan apabila burung ini banyak ditemukan di Hutan Amazon Amerika Selatan.

jenis kolibri

Kemungkinan di Indonesia yang dimaksud dengan Burung Kolibri adalah Burung Madu yang notabene-nya berasal dari Afrika. Burung Madu dan Burung Kolibri walaupun mirip namun sangat berbeda baik dari segi pengklasifikasiannya, maupun asalnya.

Daya Tarik Burung Kolibri
Burung Kolibri dikenal sebagai salah satu burung yang unik, memiliki kemampuan terbang yang tidak biasa mulai dari kecepatan dan metodenya. Burung ini bisa terbang di tempat dan juga bisa melakukan atraksi seperti terbang secara vertikal. Burung yang mampu terbang hingga 54 KM per jam ini memiliki bulu yang terlihat cerah dan berwarna-warni, mulai dari warna merah, kemudian ada juga yang memiliki campuran kuning dan biru serta hijau layaknya pelangi (baca juga: cara agar kolibri gacor).

Jenis Kolibri
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada kesalahpahaman penafsiran antara Burung Kolibri dan Burung Madu. Walau demikian, kita akan mencoba membahas beberapa jenis Burung Madu yang dianggap sebagai Burung Kolibri.

A. Burung Kolibri Sepah Raja
Burung Kolibri Sepah Raja atau Burung Madu Sepah Raja memiliki paruh berwarna hitam, di bagian kepala, terutama di bagian depan berwarna biru, kemudian setengah punggung dan setengah bagian dada hingga perut berwarna merah. Setengah sayap ke belakang dengan ekor berwarna coklat kehitam-hitaman. Dan, memiliki warna abu-abu di bagian perut hingga pantat.

B. Burung Kolibri Kelapa atau Burung Kolibri Manggar
Burung Kolibri Kelapa atau Burung Madu Kelapa dikenal juga dengan istilah Burung Kolibri Manggar. Untuk mengenali burung ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena memiliki warna bulu yang cukup khas.

Di bagian pipi kita akan melihat warna hijau gelap dan di kepala bagian atas berwarna biru gelap. Dimulai dari pangkal paruh bagian bawah hingga ke leher terdapat garis berwarna biru terang yang dipadukan dengan warna putih. Di leher bagian bawah hingga ke dada burung ini memiliki warna bulu abu-abu keputih-putihan.

Di bagian dada hingga ke pantat, burung berwarna kuning. Sedangkan sayap dan punggungnya berwarna abu gelap.

Burung ini dinamakan Kolibri Kelapa karena sangat suka hidup di kebun, sering ditemukan menghisap madu dari bunga kelapa.

C. Burung Kolibri Ninja
Burung ini sedikit berbeda dengan Burung Kolibri lainnya karena dominan berwarna gelap. Di kepalanya, di bagian atas kita akan melihat gabungan warna kuning hijau dan biru. Kemudian lehernya berwarna hitam. Bagian dada berwarna merah gelap/terang dan bagian punggung serta ekor berwarna biru kehitam-hitaman (baca: kolibri ninja jantan).

Burung Kolibri Ninja merupakan salah satu spesies yang banyak disukai oleh breeder atau peternak burung.

D. Burung Kolibri Sriganti atau Sogok Ontong
Burung Kolibri Sogok Ontong atau Burung Kolibri Sriganti memiliki ciri-ciri warna kuning yang dominan. Warna bulu di bagian kepalanya, kuning dan di bagian dagu, mata, serta leher berwarna hitam dengan transisi berwarna biru hingga dada. Selanjutnya dari dada hingga ke pantat burung ini memiliki bulu warna kuning.

E. Burung Kolibri Tasik
Sesuai dengan namanya, Burung Kolibri ini banyak ditemukan di Jawa Barat. Ciri-cirinya, burung ini memiliki warna merah terang dan warna pink di bagian dada hingga perut. Dibagian kepala, Burung Kolibri Tasik memiliki variasi warna kuning biru dan hijau (pelangi).

Sedangkan untuk burung betina, didominasi dengan warna abu-abu hitam dan di bagian perut terdapat warna kuning pastel.

F. Burung Kolibri Wulung
Kolibri Wulung disebut juga Kolibri Kaca. Burung ini memiliki warna orange di bagian leher hingga dada dan berwarna kuning pastel di bagian perut hingga pantat. Sedangkan kepala dan sayapnya terlihat mengkilat memiliki campuran warna hijau dan biru.

Burung Kolibri Lebah
Warna Burung Kolibri Lebah sangat sulit dideskripsikan. Walau demikian, ciri-ciri yang paling mudah untuk membedakannya dengan Burung Kolibri yang lain, burung ini memiliki warna yang tidak teratur mulai dari biru, hijau, kuning dan orange.

Warna-warna tersebut membentuk batik di sekujur tubuhnya mulai dari kepala hingga ekor.

G. Burung Kolibri Jawa
Burung yang satu ini dikenal sangat mirip dengan Burung Cabe Jawa sehingga kita harus lebih teliti untuk bisa membedakannya. Perawakan burung ini tampak lebih bulat dibandingkan dengan Burung Kolibri lainnya. Di bagian kepala hingga dada dan punggung, burung ini didominasi dengan bulu warna merah. Sedangkan setengah sayapnya berwarna kecoklatan. Bagian ekor burung ini berwarna kemerah-merahan. Dan, pada bagian perut hingga ke pantat, burung ini didominasi dengan bulu warna putih (baca: makanan kolobri).