Inilah Kumpulan Jenis Burung Madu (Kolibri) Yang Patut Anda Ketahui

Advertisement
Advertisement
Burung Kolibri termasuk ke dalam famili hummingbird. Sedangkan Burung Madu termasuk kedalam famili sunbird. Jadi, walaupun memiliki beberapa kesamaan, misalnya ukuran dan gaya, namun kedua burung tersebut sangat berbeda. Banyak orang menganggap Burung Madu sebagai Kolibri dan tentu saja anggapan tersebut salah kaprah.

Kolibri kebanyakan hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan, memiliki bulu gemerlap yang bisa memantulkan cahaya warna-warni sehingga terlihat sangat indah layaknya terdapat minyak pada bulunya.

burung madu

Spesies Kolibri kebanyakan hidup di Hutan Amazon Amerika Selatan dan di Pegunungan Andes.

Burung Madu
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Burung Madu termasuk ke dalam keluarga nectariniidae dari genus nectarinia. Burung ini sangat menyukai nektar, mengkudu, pepaya, serangga kecil dan dadap. Di Indonesia, dikenal setidaknya 4 jenis Burung Madu yang disesuaikan dengan habitatnya di antaranya adalah, Burung Madu Belukar, Burung Madu Kelapa, Burung Madu Bakau dan Burung Madu Sriganti. Walau demikian, ada beberapa burung madu lain yang juga dikenal oleh para peternak. Burung ini menyukai tempat-tempat seperti pekarangan, pantai dan hutan mangrove (bakau).

Ciri-ciri Burung Madu
Burung Madu memiliki ukuran tubuh yang tidak jauh berbeda dengan Burung Kolibri yaitu sekitar 7 hingga 10 cm. Paruhnya lancip dan panjang berfungsi untuk memudahkan dalam menghisap madu dari bunga.

Burung ini memiliki sedikit perbedaan antara betina dan yang jantan. Burung jantan memiliki tubuh bagian bawah yang berwarna kuning terang, dengan dagu dan dada hitam keunguan serta memiliki bulu punggung berwarna hijau zaitun.

Sedangkan burung yang betina tubuh bagian bawahnya berwarna kuning dan tidak terdapat warna hitam pada bagian dagu maupun dada.

Jenis Burung Madu

A. Burung Madu Sriganti
Burung Madu Sriganti memiliki nama latin nectarinia. Burung ini sangat suka tinggal di semak-semak dan sering mencari makanan di pohon pepaya serta hutan hutan mangrove. Makanan yang disukai antara lain, serangga kecil laba-laba dan nektar.

B. Burung Madu Bakau
Burung Madu bakau memiliki nama latin leptocoma calcostetha. Disebut Burung Madu bakau karena hidupnya banyak dihabiskan di hutan-hutan bakau dan pinggir pinggir pantai serta sering juga mendatangi pohon-pohon kelapa.

C. Burung Madu Wulung
Burung ini memiliki nama latin anthreptes singalensis. Hidupnya banyak dihabiskan di pinggir hutan, kebun-kebun kelapa dan sering juga terlihat di pohon cemara. Burung ini sangat menyukai madu dari bunga-bunga dan menyukai buah-buah kecil termasuk juga serangga dan ulat.

D. Burung Madu Gunung
Sesuai dengan namanya, Burung Madu ini sering terlihat di hutan, di pinggir hutan, dan di, kaki gunung. Nama latinnya adalah aethopyga eximia.

E. Burung Madu Jawa
Burung Madu Jawa banyak hidup di semak-semak dan sering juga mendatangi benalu. Burung ini menyukai nektar, biji-bijian dan binatang-binatang kecil seperti laba-laba dan serangga.

F. Burung Madu Kelapa
Sering ditemukan di pekarangan dan terutama berada di kebun-kebun kelapa. Burung ini sangat menyukai sari bunga kelapa selain nektar, laba-laba dan ulat.
Burung Madu kelapa memiliki nama latin anthereptes malacensis.

G. Burung Madu Tasik
Burung Madu Tasik adalah Burung Madu yang berasal dari Jawa Barat, sering hidup di pinggir hutan, ditempat-tempat terbuka, termasuk juga semak-semak dan perkebunan. Burung ini menyukaimu buah-buahan, serangga, dan biji-bijian, termasuk juga nektar.
Burung Madu Tasik memiliki nama latin leptocoma sperata.

H. Burung Madu Sepah Raja
Hidupnya banyak dihabiskan di perkebunan, sering juga terlihat di hutan sangat menyukai nektar serta berbagai jenis serangga. Nama latin Burung Madu Sepah Raja adalah aethopyga siparaja.