Berbagai Macam Jenis Burung Branjangan Lengkap

Advertisement
Advertisement
Burung Branjangan adalah salah satu burung kicau yang juga banyak dipelihara oleh para peternak burung di Indonesia. Burung ini memiliki suara asli atau kicauan asli yang biasa-biasa saja, namun apabila diberikan master dan jerawat, burung ini bisa memiliki isian dan variasi kicauan.

jenis branjangan

Branjangan yang masuk ke dalam famili mirafra javanica adalah burung yang unik dan menarik karena bisa terbang di tempat serta bisa melakukan terbang secara vertikal (baca juga: harga branjangan). Burung ini memiliki habitat asli di Australia dan di beberapa negara Asia Tenggara. Burung ini banyak ditemukan di negara-negara seperti: Papua Nugini,Vietnam, dan Australia.

Di beberapa negara, burung ini dikenal juga dengan nama, Prancis: Alouette de java german, Spanyol: Alondra de Java, dan beberapa nama lain seperti Australasian Lark, Cinnamon Lark, Eastern Singing Bushlarka, dll.

Habitat
Dalam istilah asing, burung ini disebut sebagai bush lark yang artinya kurang lebih, Burung Semak. Sangat menyukai tempat-tempat seperti tanah lapang, padang rumput dan stepa serta batu karang dan pasir gunung.

Khususnya di Indonesia, Burung Branjangan banyak ditemukan di Pulau Jawa. Pada musim panen tebu dan kedelai biasanya burung ini sering terlihat.
Secara umum, burung ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara, Bali, Pulau Jawa, Irian Jaya, Papua dan Kalimantan Selatan.

Makanan
Makanan Burung Branjangan di alam liar adalah biji-bijian, termasuk juga padi, serangga-serangga kecil seperti belalang, dan pucuk-pucuk tanaman muda.

Jenis Burung Branjangan di Indonesia
Burung ini terlihat sangat menarik dengan mahkota di kepalanya dan warna bulunya yang terlihat burik atau belang-belang. Di Indonesia, Burung Branjangan dibedakan berdasarkan asalnya seperti, Branjangan Jawa Tengah, Branjangan Jogja, Branjangan Borneo, Branjangan Jawa Timur, Branjangan Bali, Branjangan NTB, dan lain-lain.

Walaupun memiliki banyak kesamaan, namun setiap Burung Branjangan dari berbagai daerah memiliki beberapa perbedaan dan ciri-ciri yang membuatnya berbeda antara burung yang berasal dari satu daerah dan daerah lainnya.

A. Branjangan Jawa Barat
Burung Branjangan yang berasal dari Jawa Barat, banyak yang berasal dari daerah Sapan. Burung yang berasal dari Sapan memiliki suara yang cukup baik dengan kicauan yang nyaring dan melengking, serta terdengar sangat jernih.

B. Branjangan Nusa Tenggara
Di Nusa Tenggara, Branjangan juga ditemukan di Pulau Lombok serta Pulau Sumbawa. Jenis Branjangan yang ada di daerah ini sedikit lebih besar dibandingkan dengan Branjangan yang berasal dari Jawa Barat. Warna bulu Branjangan Nusa Tenggara terlihat lebih gelap dibandingkan dengan yang berasal dari Jawa Barat.

C. Branjangan Jawa Tengah
Diantara beberapa kota di Jawa Tengah yang terkenal memiliki Branjangan bagus adalah Kulon Progo (D.I Yogyakarta). Daerah ini memiliki Burung Branjangan dengan ciri-ciri fisik yang lebih besar dibandingkan dengan Branjangan Jawa Barat. Sangat identik dengan Branjangan NTB (baca juga: branjangan jawa).