Tips Perawatan Burung Jalak Suren Mabung (Molting)

Advertisement
Advertisement
Setiap binatang, terutama burung biasanya akan melalui sebuah proses pergantian bulu atau dikenal dengan istilah moulting dalam bahasa asing, dan mabung dalam bahasa jawa. Sedikit berbeda dengan burung kicau lainnya, saat berganti bulu (mabung), burung Jalak Suren biasanya tidak berganti bulu secara total melainkan hanya sebagian saja.

Proses pergantian bulu atau yang dikenal dengan istilah mabung tersebut membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Baik itu perawatan, pemberian makanan dan vitamin yang dibutuhkan (baca: makanan jalak suren).

jalak suren mabung, jalak suren molting

Ciri-ciri Burung Mabung
Burung mabung biasanya ditandai dengan rontoknya bulu bulu dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Bulu-bulu tersebut kemudian akan digantikan dengan bulu baru yang lebih bagus.
Pergantian bulu yang pertama biasanya akan terjadi pada saat burung berusia remaja atau pada saat burung tersebut menginjak usia dewasa.

A. Fase Pertama
Masa mabung yang pertama akan merontokkan bulu bulu burung dan kemudian digantikan dengan bulu baru yang membutuhkan banyak protein. Sehingga, kita harus tetap memberikan suplai makanan yang mengandung banyak protein seperti jangkrik maupun makanan lainnya yang memang dikhususkan untuk burung.

B. Fase Kedua
Saat bulu-bulu burung sudah mulai tumbuh dan terlihat lebih kuat biasanya burung membutuhkan protein yang mengandung asam amino untuk membangun sel. Oleh sebab itu, makanannya pun harus diimbangi dengan makanan yang banyak mengandung protein terutama yang mengandung keratin yang akan pertumbuhan bulu semakain lancar.

Dengan kata lain, selama proses mabung burung membutuhkan energi hingga dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan energi yang dibutuhkan pada hari-hari biasanya.

Lama Pergantian Bulu
Pergantian bulu pada burung atau mabung biasanya berlangsung antara 6 atau 7 minggu. Selama proses pergantian bulu pada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi diantaranya adalah:
a. Cuaca
b. Pemberian makan
c. Umur burung, dan
d. Kadar hormon yang dimilikinya.

Pemberian makanan yang kurang tepat, misalnya makanan yang tidak bergizi dapat menyebabkan beberapa masalah seperti: burung sakit atau terkena virus dan parasit. Atau bulu burung menjadi tidak bagus seperti mudah patah, terlihat berwarna kusam, keriting atau melintir dan lain sebagainya.

Tips Merawat Burung Mabung
Berikut adalah salah satu cara untuk menjaga agar makanan burung tetap bergizi serta kebutuhan protein tetap terpenuhi selama proses mabung.

Pertama, kita harus mempersiapkan beberapa bahan berikut ini untuk membuatkan makanan ekstra (EF).

Bahan
1. Kacang tanah yang sudah ditumbuk atau dihaluskan.
2. Tepung tulang ikan atau anda juga bisa mendapatkannya di toko-toko burung yang sudah jadi.
3. Tepung udang. Cara pembuatannya, udang terlebih dahulu dikeringkan atau dijemur atau anda juga bisa menggunakan Oven lalu ditumbuk hingga halus.
4. Sediakan satu butir telur ayam atau telur bebek.
5. Tepung daging sapi.
6. Voer untuk ayam

Cara Pembuatan
1. Campuran tepung tulang ikan, tepung udang, tepung kacang tanah dan tepung daging sapi dalam sebuah wadah, kemudian diaduk hingga rata.
2. Setelah itu masukkan voer ayam. Aduk hingga rata.
3. Ambil satu butir telur kemudian aduk hingga rata lalu masukkan dan campuran dengan bahan-bahan sebelumnya.
4. Setelah diaduk dan dicampur hingga rata. Selanjutnya bisa dijemur dengan menempatkannya di bawah sinar matahari atau dikeringkan dengan menggunakan Oven.
5. Setelah kering, bahan makanan tersebut kemudian digoreng dengan api sedang dan gunakanlah minyak yang tidak terlalu banyak, cukup untuk membuat agar pakan tidak lengket di wajan.
6. Goreng hingga kering atau di sangrai dengan api sedang.
7. Setelah itu pindahkan makanan tersebut di wadah yang tertutup dan bisa diberikan setiap hari selama burung mabung.

Yang Perlu Diperhatikan
Selama mabung atau berganti bulu, burung sebaiknya tidak dimandikan dan hindarilah gangguan-gangguan baik dari anda maupun dari binatang yang lainnya. Tempatkan burung di tempat yang tenang dan terhindar dari pemangsa atau jauh dari suara berisik.

Bila perlu berikan vitamin tambahan yang berfungsi membantu mempercepat proses mabung secara aman, yaitu dengan obat herbal OrBird.

Demikian sekilas sharing mengenai perawatan burung jalak suren mabung, semoga artikel ini menambah wawasan bagi kita semua (baca: ciri jalak suren jantan dan betina).