Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Burung Jalak Suren dikenal juga dengan nama burung Jalak Uren di Pulau Jawa dan memiliki nama ilmiah sturnus contra. Burung ini biasanya ditemukan hidup berkelompok dan suka mencari makan di dataran rendah serta lembah-lembah. Selain itu, burung juga banyak ditemukan di pemukiman penduduk serta di persawahan.

Ciri Burung Jalak Suren
Burung Jalak Suren memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan burung Jalak lain seperti Burung Jalak kebo atau Burung Jalak kerbau, burung Jalak Putih, burung Jalak Bali dan lain-lain (baca: harga jalak suren).

jalak suren jantan, jalak suren betina

Burung Jalak Suren memiliki paruh berwarna orange dan ujungnya biasanya berwarna lebih cerah misalnya putih atau kuning. Selain di paruhnya, bagian mata tanpa bulu juga biasanya memiliki warna orange (baca juga: jalak suren jantan dan betina).

Kepala burung memiliki jambul yang tidak terlalu panjang didominasi oleh warna hitam hingga ke bagian leher dan punggung. Warna hitam juga kita temukan di bagian sayap serta di bagian ekornya.
Sedangkan warna putih berada di bagian pipi, di bagian dada hingga perut, dan di bawah ekor serta sebagian pangkal sayap.

Membedakan Suren Jantan dan Betina
Bagi anda yang ingin menangkar burung ini serta membudidayakannya, terlebih dahulu anda harus memiliki izin mengingat rata-rata burung Jalak saat ini mulai terancam punah dan pemerintah kemudian menerapkan perlindungan khusus untuk binatang-binatang yang terancam punah.

Sebagai salah satu burung yang memiliki persamaan antara jantan dan betina membuat sebagian orang kesulitan untuk membedakan burung dengan jenis kelamin jantan dan betina. Namun, tetap saja ada beberapa perbedaan yang tidak terlalu mencolok yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih antara burung jantan dan betina. Berikut adalah beberapa diantaranya.

A. Suara Kicauan Burung
Cara pertama untuk membedakan antara jantan dan betina adalah mendengar kicauannya. Kicauan burung jantan biasanya terdengar monoton dibandingkan dengan suara betina, atau sura burung jantan tidak sevariatif yang berjenis kelamin betina (baca: agar jalak suren gacor).

B. Ciri-ciri Fisik
a) Burung jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dibandingkan dengan burung betina. Selain itu, burung jantan juga terkenal dengan ukuran tubuh lebih besar dibandingkan dengan burung betina
b) Selain dilihat dari ukuran tubuh, warna bulu juga bisa membedakan antara jantan dan betina. Warna hitam bulu burung jantan biasanya lebih pekat dan mengkilat dibandingkan dengan betina.
c) Ekor burung jantan dikenal lebih panjang dibandingkan dengan burung betina.
d) Apabila diperhatikan di bagian sekitar pangkal paruh dan mata, burung jantan memiliki warna yang lebih cerah atau lebih tegas dibandingkan dengan burung betina.
e) Secara keseluruhan, burung jantan memiliki warna bulu yang lebih bagus mulai dari warna hitam yang lebih pekat dan mengkilat serta warna putih yang lebih bersih.
f) Jari-jari kaki jantan lebih terlihat panjang, terlihat kuat dan kokoh.
g) Begitu juga dengan jambulnya, burung jantan terlihat memiliki jambul lebih panjang dan lebih lebar serta lebih mengembang dibandingkan dengan burung betina.
h) Cara paling mudah untuk membedakan jantan dan betina adalah dengan memperhatikan warna bulu atau lingkaran berwarna ungu atau biru gelap di bagian pantat atau dubur burung. Burung jantan biasanya akan ditandai dengan spot atau lingkaran berwarna biru dan ungu tersebut. Warna bulu tersebut biasanya bisa dilihat apabila burung sudah berusia 1 tahun keatas.

C. Tingkah Laku
Cara lain membedakan burung jantan dan betina adalah dengan melihat tingkah lakunya saat berada di sangkar.

Burung jantan biasanya lebih aktif dalam bergerak atau melompat-lompat. Walau demikian, perlu anda ketahui bahwa ukuran tubuh dan terkadang sulit dijadikan patokan. Terlebih, bagi anda yang tidak terbiasa dengan burung Jalak. Sama halnya dengan patokan yang menggunakan tingkah laku atau kelincahan burung juga sedikit sulit digunakan (baca: makanan jalak suren).

Cara paling mudah untuk membedakan jantan dan betina pada burung jalak adalah dengan menggunakan cara di Point B, bagian h).

Sekian sedikit wawasan mengenai ciri jalak suren jantan dan betina yang dapat kami sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat.