Cara Agar Burung Jalak Suren Gacor dan Rajin Berkicau

Advertisement
Advertisement
Burung Jalak merupakan salah satu burung kicau yang sangat pandai dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Tidak heran beberapa jenis burung ini bahkan bisa menirukan suara manusia. Lebih tidak mengherankan lagi apabila kemudian burung ini juga pandai menirukan suara burung lain serta suara binatang-binatang kecil seperti belalang maupun jangkrik.

Di Indonesia dikenal beberapa jenis burung Jalak mulai dari burung Jalak Bali, Burung Jalak Putih, Burung Jalak Suren, Burung Jalak Kerbau dan Burung Jalak Nias. Diantara semua burung Jalak tersebut, burung Jalak Suren dikenal memiliki daya tarik tersendiri karena bisa diisi dengan berbagai jenis master (suara burung dan binatang) sehingga menghasilkan burung yang gacor (rajin berkicau) dan memiliki isian banyak.

jalak suren gacor

Namun merawat burung Jalak agar gacor sebenarnya tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips dan trik merawat burung ini bahkan mulai dari kecil agar bisa gacor dan memiliki isian yang bervariasi.

Agar Jalak Suren gacor
Bagi anda yang tertarik untuk memelihara burung ini, baik itu sekedar hobi atau ingin mengembangbiakkannya dan mengisinya dengan berbagai master, berikut adalah tipsnya untuk anda.

A. Memperhatikan Kandang atau Sangkar
Bagi anda yang menggunakan sangkar untuk memelihara burung ini, sebaiknya sangkar berukuran besar sehingga burung tidak mudah stres dan bosan. Selain ukuran kandang, kebersihannya juga harus diperhatikan. Sangkar sebaiknya dibersihkan setiap hari.

B. Menjinakkan Burung Terlebih Dahulu
Untuk burung yang didapatkan dari hutan atau ditangkap di alam liar sebaiknya melalui proses penjinakan terlebih dahulu. Mulailah dengan membiasakan burung tersebut dengan kehadiran manusia dan hewan atau benda lain.

C. Makanan
Pemberian makan juga sangat berpengaruh terhadap gacor atau tidaknya burung ini nantinya. Setiap hari, makanan utama burung ini sebaiknya berupa voer yang berkualitas. Anda bisa memberinya voer ayam atau atau voer untuk lele. Vitamin tambahan juga perlu diberikan, untuk mencukupi kebutuhan gizi sang burung, yakni dengan memberikan OrBird.

Sedangkan untuk makanan ekstra berupa binatang-binatang kecil dan buah-buahan, tips memberikannya sebagai berikut.

Jangkrik
Untuk seekor burung Jalak Suren bisa diberikan jangkrik sebanyak lima hingga 10 ekor setiap hari.

Kroto
Kroto sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak. Maksimal diberikan 3 kali dalam seminggu. Anda bisa memberikan 1 sendok makan dalam sehari.

Cacing
Burung ini terkenal sebagai penyuka cacing. Anda bisa memberikan cacing misalnya di pagi hari setelah burung dimandikan atau anda juga bisa memberikannya pada siang hari dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Buah
Jalak Suren terkenal juga menyukai buah-buahan selain biji-bijian. Buah-buahan yang disukai oleh burung ini antara lain, buah pepaya, buah pisang dan buah apel.

Seperti kroto, sebaiknya buah-buahan juga tidak diberikan terlalu sering. Buah-buahan sebaiknya diberikan selang seling dengan kroto. Contoh, anda bisa memberikan kroto pada hari senin, kemudian buah pada hari selasa, kroto kembali pada hari rabu, kemudian buah-buahan lagi pada hari kamis dan begitu seterusnya.

D. Setting Harian
Setelah anda secara rutin dan teratur memberikan makanan bergizi, baik itu yang berasal dari buah-buahan maupun makanan extra (EF) berupa jangkrik dan lain-lain, perawatan setiap hari ini juga memainkan peranan yang sangat penting dalam membuat Burung Suren menjadi gacor.
1. Setiap pagi burung sebaiknya dimandikan dengan metode semprot hingga basah kuyup.
2. Setelah dimandikan burung kemudian dijemur hingga kering.
3. Jangan lupa memberikan multivitamin untuk menjaga kesehatan agar burung tetap fit.

E. Mastering
Dan, bagian yang paling penting dari semua perawatan adalah, memperdengarkan master atau suara binatang atau suara burung lainnya. Pemasteran untuk burung ini sebaiknya dilakukan pada saat mereka tidak aktif atau pada saat beristirahat. Karena jika tidak, biasanya burung Jalak Suren akan menanggapi masternya.

Memaster burung ini dengan menggunakan audio atau MP3 bisa dilakukan pada malam hari hingga pagi hari.

Demikian sedikit tips dari kami seputar cara agar jalak suren gacor, semoga bermanfaat buat sobat semua.