Melihat Ciri Burung Jalak Nias Jantan

Advertisement
Advertisement
Burung jalak nias saat ini cukup dikagumi banyak orang, mengingat burung ini memiliki keunikan tersendiri, baik keunikan pada tampilan fisiknya maupun karakter suaranya. Berbeda dari burung kicau pada umumnya, burung jalak nias warna nya terlihat lebih elegan, jadi wajar saja bila penggemar burung satu ini cukup banyak saat ini.

Burung Jalak Nias menjadi salah satu dari keluarga jalak-jalakan yang banyak disukai karena kepandaiannya dalam menirukan suara burung lain. Jalak Jalak ini memiliki nama Latin Acridothere Tristis berasal dari Asia Tenggara dan di Indonesia banyak dijumpai di beberapa pulau seperti Pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

jalak nias jantan

Selain pandai menirukan suara burung lain dan suara binatang-binatang kecil, burung ini juga terkenal memiliki kepandaian layaknya Burung Beo dalam menirukan suara manusia.
Bagi anda yang tertarik untuk membeli Burung Jalak Nias dan ingin tahu bagaimana cara membedakan burung jantan dan betina, berikut adalah rahasianya.

Ciri Jalak Nias jantan

Berikut sedikit tips melihat tanda burung jalak nias jantan:

1. Cara membedakan Burung Jalak Nias jantan dan betina yang pertama adalah dengan melihat ciri-ciri fisiknya. Mulai dari warna bulu. Warna bulu burung jantan biasanya lebih bersih dan mengkilat. Sebaliknya, burung betina memiliki bulu yang cenderung kusam.

2. Selain itu kita juga bisa melihat bentuk kepala burung yang biasanya memang dijadikan sebagai patokan dalam membedakan burung jantan dan betina. Bentuk kepala Burung Jalak Nias jantan pada umumnya lebih pipih dengan jambul yang tidak terlalu panjang. Sedangkan burung betina cenderung memiliki kepala yang lebih bulat dengan jambul yang lebih panjang.

Sekian sekilas informasi mengenai ciri khas burung jalak nias jantan, semoga informasi ini bisa menjadi tambahan wawasan bagi anda.