Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru Bulan November - Desember 2016

Advertisement
Advertisement
Harga Burung Branjangan sangat bervariasi. Selain dipengaruhi daerah asalnya, harga juga kadang dipengaruhi kondisi burung. Burung anakan atau burung bakalan bisa dihargai sekitar Rp. 50.000 - Rp. 100.000 bahkan lebih dan ada juga yang dihargai sangat mahal hingga 1 jutaan. Semua itu tidak lepas dari kondisi burung. Burung yang sudah dipanen sejak lolohan biasanya berharga lebih mahal dibandingkan dengan burung hasil tangkapan hutan.

Namun perlu anda ketahui bahwa, Burung Branjangan yang sudah jinak biasanya memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah, lebih cepat berkicau, lebih mudah beradaptasi dengan manusia dan tentunya tidak mudah stres.

harga branjangan

Harga Branjangan
Diantara beberapa faktor yang mempengaruhi harga Burung Branjangan adalah:
a. Ukuran tubuh atau body burung apakah besar atau kecil? Semakin besar burung biasanya akan semakin mahal.
b. Asal burung tersebut, apakah berasal dari Jawa Tengah seperti daerah Wates atau daerah yang lainnya? Beberapa daerah memiliki burung yang lebih unggul dibandingkan dengan daerah lain, sehingga harganya juga biasanya lebih mahal. Salah satu contohnya adalah burung yang berasal dari Yogyakarta (Wates). Tidak hanya itu, di daerah lain, seperti daerah Kaliori di Banyumas dan Kebumen di Jawa Tengah juga dikenal sebagai penghasilan burung yang bagus dan berharga mahal.
c. Jika sudah berumur. Harga burung akan meningkat. Apabila burung tersebut sudah berusia diatas 3 bulan (trotolan) atau apabila sudah buka suara dan bisa berkicau. Pada umumnya, burung yang sudah berkicau dihargai hingga Rp. 300.000.
d. Hasil tangkapan hutan atau hasil breeding? Kedua burung jelas berbeda. Hasil tangkapan hutan biasanya dihargai lebih murah dibandingkan dengan hasil breeding atau hasil berternak. Selain sudah bisa berlatih makan voer burung yang diternak juga biasanya lebih jinak. Sehingga jarang stres apabila bertemu dengan manusia.
e. Burung yang sudah ngerol biasanya harganya jauh diatas rata-rata.
f. Kemudian, faktor lain yang mempengaruhi harga burung adalah, ada atau tidaknya jambul di kepala burung tersebut. Jambul paten, jambu naga, jenggot dan mawar atau burung yang tidak memiliki jambul memiliki harga yang berbeda.
g. Gaya berbunyi burung juga sangat berpengaruh. Burung yang gacor, berbeda dengan burung yang ngeplong dan burung yang baru ngeriwik saja. Selanjutnya burung yang mleper dan memiliki gaya bunyi kekejer juga memiliki harga yang berbeda.
h. Burung yang sudah ngerol biasanya dilihat kembali apakah suaranya mengkristal atau ngebahas, susunan isiannya bagus atau tidak? Semua itu sangat berpengaruh terhadap harga.

List Harga Burung Branjangan Terbaru
1. Burung Branjangan Jawa yang masih anakan, bisa dihargai Rp. 80.000, Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000.
2. Burung anakan Branjangan Kalimantan berharga Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000.
3. Burung anakan Branjangan Nusa Tenggara (NTB) harganya berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000.
4. Branjagan trotolan berharga sekitar Rp. 500.000 keatas.
5. Burung Branjangan Jawa yang dewasa berharga sekitar Rp. 1.000.000 - Rp. 2.500.000

Simak juga: perawatan cucak jenggot