Cara Jitu Agar Burung Cucak Jenggot Rajin Gacor

Advertisement
Advertisement
Agar Burung Cucak Jenggot bisa gacor, sebenarnya ada beberapa metode yang bisa diterapkan dalam perawatan harian maupun perawatan khusus untuk burung tersebut. Dan tentunya, setiap orang memiliki metodenya sendiri sendiri termasuk juga rahasianya.

Umumnya pemilik burung ini menggunakan metode mandi rutin untuk Burung Cucak Jenggot setiap malam agar burung rajin berbunyi atau nggacor. Beberapa orang lainnya mungkin saja memperlakukan burung dengan cara yang lain. Misalnya, dengan pemberian makanan ekstra yang ketat dan perlakuan lainnya.

cucak jenggot gacor

Agar Cucak Jenggot gacor
Di antara sekian rahasia dan metode untuk membuat Burung Cucak Jenggot bisa gacor atau rajin berbunyi, berikut adalah beberapa diantaranya.

A. Perawatan Harian
Perawatan harian burung dikenal juga dengan istilah setingan harian. Untuk Burung Cucak Jenggot, perawatan harian ini tidak boleh dilewatkan atau tidak boleh dirubah jika sudah terbiasa (baca: cara merawat cucak jenggot). Karena hal tersebut bisa mendatangkan beberapa masalah seperti burung yang macet bunyi atau burung yang berubah menjadi stress.
1. Pagi hari antara pukul 06.00 atau pukul 06.30, mulailah dengan mengangin-anginkan burung tersebut selama kurang lebih 30 menit atau satu jam.
2. Setelah matahari muncul sekitar pukul 07.00, anda bisa menjemur burung selama kurang lebih 1 jam.
3. Pada pukul 08.00 lanjutkan dengan memandikan burung. Baik menggunakan keramba maupun dengan semprotan.
4. Memandikan burung bisa dilakukan selama kurang lebih 30 menit.
5. Setelah burung dimandikan, burung kembali dijemur selama kurang lebih 1 jam atau hingga bulu burung mengering. Saat menjemur burung, jangan lupa memberikan makanan ekstra berupa 1 (satu) atau 2 (dua) ekor jangkrik. Selain itu, anda juga bisa memberikan burung vitamin yang berasal dari buah-buahan. Salah satu buah yang disukai oleh Burung Cucak Jenggot adalah buah pepaya.
6. Setelah burung kering, burung dimasukkan ke dalam untuk diistirahatkan hingga sore hari.
7. Pada sore hari sekitar jam 04.00 anda bisa mengangin-anginkan burung dan memberikannya 1 atau 2 ekor jangkrik. Pemberian jangkrik yang terlalu banyak sebenarnya tidak dianjurkan. Jadi maksimal 2 ekor saja. Metode ini dimaksudkan untuk mengurangi libido atau kelebihan birahi burung agar mereka tetap bisa berkonsentrasi dan tidak bermasalah dengan hal tersebut.
8. Menjelang senja, burung kemudian dimasukkan ke dalam rumah dan diistirahatkan serta diperdengarkan suara master yang berasal dari audio atau mp3 (download: suara cucak jenggot).

B. Memandikan Burung di Malam Hari
Metode lain untuk membuat Burung Cucak Jenggot gacor adalah dengan memandikannya pada malam hari. Tidak hanya pada Burung Cucak Jenggot, burung-burung lain juga terkadang membutuhkan hal yang sama, misalnya, burung Murai Batu, Burung Lovebird, Anis Merah, Anis Kembang, dll.

Memandikan burung setiap malam bisa berdampak sangat positif dan bisa membangkitkan semangat burung agar rajin berkicau. Penerapan mandi malam sebaiknya dilakukan sejak burung masih muda atau sejak burung masih bakalan.

Selain untuk memancing burung agar rajin berkicau, ternyata ritual mandi malam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang macet bunyi.

Memandikan burung di malam hari bisa dilakukan mulai dari pukul 23.00 - 21.00 atau pada pukul 21.00 hingga pukul 22.00. Memandikan burung minimal dilakukan selama 20 menit dan maksimal 1 jam. Setelah itu burung kemudian diangin-anginkan di tempat yang terang.

Apabila anda memandikan burung di malam hari, maka memandikan burung di sore hari bisa ditiadakan.

C. Memberikan Makanan Khusus
Selain menggunakan perawatan secara teratur yang baik dengan metode setingan harian atau dengan metode memandikan burung di malam hari, kita juga bisa membuat burung menjadi gacor dengan memberikan makanan tertentu, atau ramuan, atau racikan seperti:
1. Pertama, Anda bisa menyiapkan terlebih dahulu telur bebek yang masih mentah. Kemudian pisahkan antara putih dan kuning telur. Kita hanya membtuhkan putih telurnya saja.
2. Tambahkan 2 sdm (sendok makan) kroto.
3. Tambahkan satu iris buah apel yang sudah halus. Anda bisa menghaluskannya dengan memarutnya atau dengan menumbuknya.
4. Campurkan semua bahan tersebut, aduk hingga rata atau anda bisa menggunakan blender. Sampai disini ramuan sudah siap diberikan kepada burung.
5. Berikan ramuan 1 sdt (sendok teh) kepada Burung Cucak Jenggot agar gacor pada saat di angin-anginkan, terutama setelah mandi di malam hari ini.

Alternatif lainnya yang bagus adalah dengan memberikan suplemen dan multivitamin yang terbuat dari bahan-bahan herbal seperti: madu, rempah-rempah, dan gula aren. OrBird bisa menjadi vitamin pilihan yang tepat.

Baca selengkapnya mengenai pakan-pakan bergizi cucak jenggot.

Demikian sekilas informasi mengenai tips agar cucak jenggot semakin gacor, semoga tips dari kami ini dapat berguna buat sobat CJ mania.