Cara Merawat Burung Parkit Harian Lengkap

Advertisement
Advertisement
Burung Parkit adalah burung berukuran sedang yang termasuk ke dalam burung kicau, contohnya seperti Burung Nuri dan Burung Lovebird. Burung ini menyukai makanan berupa biji-bijian. Baik itu beras merah, jagung muda, sayuran seperti kol, brokoli, wortel dan buah-buahan seperti pisang, pepaya dan lain-lain. Namun perlu anda ketahui bahwa tidak boleh memberikan Burung Parkit buah coklat dan buah alpukat dan terong, karena bersifat racun bagi burung tersebut.

parkit cantik

Burung yang termasuk ke dalam keluarga melopsittacus undulatus ini memiliki beraneka ragam bulu dan jenis. Terlebih karena adanya kawin silang yang selama ini sering dilakukan oleh para peternak. Diantara beberapa Burung Parkit yang terkenal adalah, Burung Parkit lokal, Burung Parkit Australia, dan juga Burung Parkit Holland dari belanda, Burung Parkit Albino, dll (baca: jenis parkit).

Cara Mudah Merawat Parkit

A. Pemilihan Burung yang Baik
Kita akan memulai dari memilih burung yang baik, yaitu, dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, diantaranya adalah: Pilihlah burung yang kuat, terlihat sehat dan tidak cacat. Pastikan juga apakah burung tersebut lincah atau tidak. Kemudian, burung sebaiknya dipilih yang jinak dan memiliki nafsu makan yang bagus (baca: cara menjinakkan parkit).

B. Sangkar atau Kandang yang Ideal
Sangkar yang ideal untuk Burung Parkit berukuran sekitar 40 cm x 40 cm x 60 cm.
Sangkar atau kandang bisa terbuat dari jeruji maupun dari kawat. Dan pastikan sangkar di bagian bawah mudah untuk dibersihkan. Di dalam sangkar anda harus menempatkan beberapa hal diantaranya adalah: tempat untuk nangkring, minuman dan tempat makan, serta mainan.

Beberapa jenis kandang yang terbuat dari logam seperti kuningan dan seng biasanya bersifat racun untuk burung tersebut. Dan usahakan untuk memilih kandang yang tidak berkarat atau terkelupas catnya (baca: kandang parkit).

Usahakan jeruji atau kawat tidak terlalu renggang sehingga dapat menyebabkan kepala burung terjepit diantara celah-celah jeruji tersebut.

C. Letakkan Kandang di Tempat yang Aman
Pastikan anda menempatkan kandang atau sangkar di tempat yang aman, jauh dari pemangsa dan jauh dari hewan-hewan yang dapat menyebabkan burung tersebut kaget. Beberapa hewan yang harus dihindari diantaranya adalah tikus, anjing, atau binatang peliharaan lainnya seperti kucing dan lain-lain.

D. Perawatan Kandang
Merawat kandang harus dilakukan setiap hari mulai dari mengganti air secara rutin dan membersihkan alas. Pemberian alas kandang sebaiknya menggunakan kain handuk yang bisa menyerap air atau kertas biasa. Hindari penggunaan koran atau kertas kertas yang sudah dicetak menggunakan tinta karena dapat menimbulkan beberapa masalah atau penyakit.

E. Pemberian Makan Secara Rutin
Berikan Burung Parkit makanan dan minuman secara rutin, dan hindarilah burung dari kelaparan. Pemberian makanan berupa biji-bijian, buah-buahan maupun sayuran bisa diselang-seling selama 1 minggu (baca: makanan parkit).

Berikut adalah daftar makanan yang disukai oleh Burung Parkit.
1. Buah apel
2. buah plum
3. buah pir
4. buah ceri
5. buah pisang
6. buah pepaya
7. Beras merah
8. jewawut
9. Milet merah dan putih
10. kol
11. brokoli
12. bayam
13. wortel
14. jagung muda
15. dll

F. Perawatan dan Kesehatan
Apabila Burung terlihat bermasalah, anda bisa membawanya ke dokter hewan. Biasanya apabila Burung Parkit sakit, sering kali mereka tidak menunjukkan gejala apapun (baca: ternak parkit).

G. Hindarkan Burung Parkit dari Stres
Agar Burung Parkit bisa bertahan hidup hingga 6 atau 8 tahun. Dan bahkan ada yang berusia hingga 10 tahun, anda harus pandai-pandai membuat burung ini senang hindarilah mereka dari stres dengan menyediakan mainan di dalam kandang. Agar parkit tidak stres atau mungkin terlanjur stres, maka segera berikan obat alami terbaik, salah satunya yaitu OrBird.

Beberapa jenis mainan yang disukai oleh Burung Parkit di antaranya adalah: lonceng, cermin dan juga tangga-tanggaan.

H. Menemani Burung
Burung Parkit sangat suka bersosialisasi. Oleh sebab itu, anda bisa memberikan teman untuk Burung Parkit berupa, Burung Parkit lainnya. Atau, bisa jadi anda yang akan menjadi teman akrabnya.
Luangkanlah waktu misalnya 60 menit atau lebih untuk bergaul dengan Burung Parkit setiap hari. Anda bisa melatihnya bertengger di jari-jemari anda atau mengajaknya bermain. Sebagai salah satu burung yang cerdas, Burung ini bisa dilatih untuk melakukan banyak hal dengan memberikan instruksi tertentu berdasarkan suara.

Sekian sedikit tips dan cara merawat parkit harian, agar parkit makin jos, sehat, dan tampil prima (simak juga: suara parkit).