Cara Jitu Menjinakkan Burung Parkit

Advertisement
Advertisement
Sebagai salah satu syarat untuk bisa berternak Parkit agar mudah dikembangbiakkan yaitu, terlebih dahulu kita harus memiliki Parkit yang jinak, atau apabila masih liar kita harus menjinakkannya. Maka dari itu, kali ini akan kami ulas sedikit mengenai cara menjinakkan parkit dengan mudah.

parkit jinak

Sebagai burung cerdas yang memiliki banyak kelebihan (simak: suara parkit), Burung Parkit bisa melakukan berbagai atraksi, akrobatik, bisa bergaul dengan manusia dan bahkan anda bisa dilatih agar mau bermain-main dengan anda sebagai pemiliknya setiap hari.

Menjinakkan Burung Parkit

A. Menggunting sayap
Menggunting sayap Burung Parkit ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadikan burung ini agar lebih jinak. Namun, anda membutuhkan keahlian atau pengetahuan tentang cara memotong sayap tersebut. Anda bisa melihat video pemotongan sayap atau wing clipping di YouTube dan lain-lain.

B. Menggunakan Parkit yang Sudah Jinak
Jika anda memiliki Parkit yang liar, anda bisa menempatkannya di kandang yang sama dengan Parkit yang sudah jinak. Parkit yang sudah jinak ini akan dijadikan sebagai umpan untuk membuat parkir yang masih liar agar mau mengikuti kebiasaan atau sifat dari Parkit yang sudah jinak.

C. Menempatkan Beberapa Pasang Burung di Dalam Satu Kandang
Sebagai burung yang suka bersosialisasi dan berkoloni, maka Burung Parkit apabila ditempatkan di dalam satu kandang dengan burung-burung sejenis yang lainnya, maka, biasanya mereka akan lebih mudah untuk menjadi jinak.

D. Luangkan Waktu 60-90 Menit Perhari
Meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan burung atau bermain-main dengan burung tersebut selama 60-90 menit terbukti lebih efektif dalam menjinakkan burung.
Ada banyak hal yang bisa anda lakukan selama 60-90 menit, seperti, bermain-main dengan burung, melatihnya melakukan berbagai akrobatik dan berbagai atraksi yang anda inginkan, dll.

E. Memberikan Makanan dengan Tangan
Perlahan cobalah melatih Parkit untuk memakan sesuatu dari tangan anda baik itu biji-bijian maupun makanan yang lainnya. Semakin sering anda memberikan makanan dari tangan, maka semakin mudah Burung Parkit menjadi jinak.

Simak juga informasi mengenai burung parkit lainnya, terutama tentang tips pembuatan kandang kenari.