Cara Membedakan Burung Cipoh Jantan dan Betina

Advertisement
Advertisement
Membedakan cipoh jantan dan betina memang tidak mudah. Dibutuhkan sedikit kejelian dan pengalaman serta pengetahuan seputar tips membedakan kelamin burung untuk bisa menentukan secara tepat mana yang jantan dan betina. Walau demikian, dengan berlatih serta melihat langsung gambar Burung Cipoh akan membuat anda terbiasa dan bisa membedakannya pada saat melihat burung tersebut, misalnya di kandang ombyokan.

cipoh jantan, cipoh betina

Namun sebelum itu, anda perlu tahu juga bahwa terdapat beberapa jenis Burung Cipoh. Setidaknya dikenal 4 jenis Burung Cipoh yang ada. Dan, dua di antaranya berada di Indonesia. Yang ada di Indonesia diantaranya adalah, Cipoh Jantung dan Cipoh Kacat. Kedua burung ini memiliki sedikit perbedaan dalam hal warna dan ukuran. Burung Cipoh kacat terkenal lebih besar dibandingkan dengan Burung Cipoh jantung yang 1 cm lebih pendek. Kedua jenis burung tersebut banyak ditemukan terutama di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali.

Ciri cipoh jantan dan betina
Jika melihat warna Burung Cipoh Jantung, biasanya lebih gelap dibandingkan dengan Burung Cipoh Kacat. Dan berikut adalah ciri-ciri burung jantan dan betina.

- Burung jantan biasanya memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan burung betina.
- Untuk menarik perhatian pasangannya, biasanya burung jantan juga dibekali dengan suara yang lebih nyaring dan tegas. Selain itu, suaranya terkadang juga lebih bervariasi dan lebih gacor dibandingkan dengan versi betina dewasa (simak: suara cipoh).
- Baik Cipoh Jantung maupun Cipoh Kacat, kedua jenis burung tersebut memiliki warna bulu yang lebih tegas dan lebih gelap pada penajantan dibandingkan dengan burung betinanya.
- Sebaliknya, untuk mengetahui mengenali Burung Cipoh betina, kita hanya bisa melihat dari ciri-ciri fisiknya seperti, warna bulunya yang lebih pudar dibandingkan dengan burung jantan, memiliki ukuran dada yang lebih kecil, begitu juga dengan ekornya yang lebih pendek dan badan secara keseluruhan lebih mungil.
- Cara lain untuk membedakannya adalah dengan melihat lidahnya pada saat berkicau. Pada saat burung tersebut membuka mulut, apabila warnanya lebih gelap atau kehitam-hitaman, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah Cipo Jantan (dewasa).

Demikianlah sedikit ulasan seputar tips dan cara membedakan cipoh jantan dan betina, semoga dapat bermanfaat buat sobat kicau mania.