Mengenal Burung Nuri yang Pintar dan Lucu

Advertisement
Advertisement
Burung Nuri digolongkan sebagai salah satu burung kicau yang memiliki kepandaian di atas rata-rata. Burung ini sangat disukai oleh pencinta burung karena kepandaiannya dalam menirukan suara manusia maupun suara burung lainnya. Di Indonesia, Burung Nuri banyak ditemukan di bagian timur kepulauan Indonesia seperti di Papua, Maluku dan Sulawesi.

Ada banyak jenis Burung Nuri yang dikenal diantaranya adalah, Burung Nuri Kepala Hitam disebut juga Black Capped Lory memiliki nama Latin Lorius Lory. Ukuran tubuhnya sekitar 30 cm dan banyak ditemukan di Papua.

burung nuri

Selain itu, terdapat juga Nuri Raja Ambon yang banyak ditemukan di wilayah Halmahera dan Maluku. Burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 35 cm dan nama latinnya adalah Alisterus Amboninensis. Ada juga Nuri Kalung Ungu yang banyak ditemukan di Papua Utara dan Maluku Utara. Kemudian Nuri Tanimbar, Nuri Telinga Biru, Nuri Sayap Hitam, Nuri Maluku, Nuri Taulud, Nuri Hitam, Niri Kate Geelvink, Nuri Ara Pipi Kuning, Nuri Arah Dada Jingga dan lain-lain.

Habitat
Burung Nuri kebanyakan ditemukan di pinggir hutan dan seringkali hidup di hutan hujan. Makanan yang disukainya cukup bervariasi mulai dari buah-buahan, biji-bijian dan berbagai jenis kumbang yang berukuran kecil. Saat ini, Burung Nuri semakin berkurang jumlahnya di alam liar dan pada tahun 1990 Pemerintah Republik Indonesia sudah mengeluarkan undang-undang untuk melindungi burung tersebut.

Kandang burung
Pembuatan kandang Burung Nuri harus sesuai dengan ukuran tubuhnya. Burung Nuri ada yang berukuran sangat besar misalnya 35 cm - 43 cm, dan ada juga yang berukuran kecil sekitar 9 dan 12 cm. Untuk burung yang berukuran besar anda bisa membuat kandang sekitar 1 meter x 1 meter x 2 meter menggunakan strimin logam serta kerangka kayu.

Makanan
Pada saat dipelihara, biasanya Burung Nuri diberikan kacang-kacangan, buah pepaya, wortel, bahkan ada juga yang menyukai pelet lele serta beberapa breeder terkadang memberikannya susu dan roti.

Burung Nuri jantan dan betina
Setiap jenis Burung Nuri memiliki perbedaan antara burung jantan dan betina. Burung tesbut biasanya dibedakan berdasarkan ukuran tubuh dan warna bulu. Pada umumnya, bulu burung jantan lebih tegas dibandingkan dengan bulu burung betina yang terlihat lebih pudar. Begitu juga ukuran tubuhnya, burung jantan berukuran lebih kecil dibandingkan dengan burung betina.

Harga Burung Nuri
Harga Burung Nuri yang masih anakan biasanya mencapai Rp 500- 600 ribuan. Sedangkan yang sudah menginjak dewasa dan sudah bersuara serta pandai menirukan beberapa patah kata yang diucapkan manusia bisa dihargai mulai dari Rp. 2 juta - Rp. 5 juta dan ada juga yang mencapai puluhan juta jika sudah pandai bicara.