Mengenal Ciri Burung Branjangan Jawa Lengkap

Advertisement
Advertisement
Burung Branjangan banyak tersebar di beberapa pulau di Indonesia, mulai dari bagian timur seperti Papua, kemudian ada juga di Nusa Tenggara seperti Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, burung ini juga telah banyak ditemukan di Pulau Jawa (baca: jenis branjangan).

Di antara beberapa daerah yang cukup terkenal memiliki Branjangan bagus adalah Jawa Tengah seperti daerah Wates dan Kulon Progo, kemudian di Jawa Barat terutama yang berasal dari daerah Sapan, selanjutnya Jawa Timur juga terkenal memiliki Branjangan yang juga bagus (lihat juga: harga branjangan).

branjangan jawa

Branjangan Jawa
Khusus untuk Branjangan yang berasal dari daerah Jawa, kita akan membahas Branjangan yang berasal dari Jawa Barat Jawa, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Burung Branjangan tersebut secara fisik sedikit berbeda. Walaupun apabila dilihat langsung secara kasat mata, pola bulu dan warnanya cenderung sama.

A. Branjangan Jawa Barat
Daerah Sapan sudah terkenal sebagai salah satu penghasil Burung Branjangan yang sangat bagus. Beberapa kelebihan burung yang berasal dari daerah ini diantaranya adalah, suaranya yang melengking dan terdengar jernih, memiliki jambul, ukuran rata-rata burung yang berasal dari Jawa Barat berkisar antara 12 cm hingga 13 cm. Ukuran tersebut tentunya terlihat lebih kecil dibandingkan dengan ukuran Burung Branjangan yang berasal dari Jawa Tengah.
Selain berbeda dari segi ukuran tubuhnya, warna bulu burung yang berasal dari Jawa Barat cenderung lebih gelap dibandingkan dengan yang berasal dari daerah lain.

B. Burung Branjangan Jawa Tengah
Di Jawa Tengah juga banyak ditemukan berung ini, terutama di provinsi D.I Yogyakarta. Berapa daerah yang banyak disebut-sebut adalah wilayah Wates, dan Kulon Progo.
Burung yang berasal dari Jawa Tengah juga banyak disukai oleh para peternak karena Burung Branjangan Jawa Tengah memiliki suara yang juga keras, mudah untuk diisi dengan berbagai jenis masker, memiliki corak warna yang sedikit lebih terang dibandingkan dengan Burung Branjangan Jawa barat.
Secara fisik, Burung dari Jawa Tengah tesebut berukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan Burung Branjangan Jawa Barat. Rata-rata ukuran burung dari Jawa Tengah sekitar 12 hingga 14 cm. Walau demikian, beberapa daerah seperti Kulon Progo atau Wates terkenal memiliki Burung Branjangan yang pola batiknya lebih indah dan lebih menarik.

C. Branjangan Jawa Timur
Branjangan Jawa Timur memiliki ciri-ciri bulu yang terlihat lebih cerah di bagian warna coklatnya. Kemudian bagian gelapnya tidak terlalu gelap sehingga tampak lebih cerah dibandingkan dengan burung yang berasal dari Jawa Tengah maupun dari luar daerah seperti Bali dan Borneo.
Secara fisik, ukuran Burung Branjangan dari Jawa Timur mirip dengan Burung Branjangan dari Jawa Tengah.

Baca juga cara membuat sangkar branjangan.