Ciri-Ciri Burung Branjangan Jantan

Advertisement
Advertisement
Burung Branjangan atau Mirafra Javanica memiliki pola bulu yang tampak seperti batik dengan warna coklat dan garis-garis gelap serta dipadu dengan warna abu-abu dan brintil. Beberapa breeder atau penghobi burung banyak yang memelihara burung ini untuk di isi dengan master, atau digunakan sebagai master untuk burung lain (lihat: harga branjangan).

Layaknya burung-burung yang lain, burung jantan lebih dikenal sebagai burung pengicau yang memang jago nggacor (download: suara branjangan). Itulah sebabnya, mengapa beberapa penghobi lebih memilih kelamin jantan dibandingkan dengan burung yang betina untuk dipelihara.

branjangan jantan

Walau demikian, sebagai salah satu burung monomorfik yang sulit membedakan antara jantan dan betina karena adanya kesamaan secara fisik menyebabkan beberapa orang membutuhkan pengalaman dan pengetahuan khusus untuk bisa membedakan jenis kelamin burung tersebut. Terlebih, apabila mereka ingin beternak atau untuk dilatih sebagai burung lomba.

Ciri Branjangan Jantan

A. Warna Bulu
Cara paling mudah membedakan antara Branjangan jantan dan betina adalah dengan melihat warna bulunya. Branjangan jantan memiliki bulu yang cenderung lebih mengkilat, lebih tegas dibandingkan dengan burung betina yang biasanya terlihat lebih kusam.

B. Ukuran Jambul
Selain dari warna, kita juga bisa membedakan dari ukuran jambul yang ada di kepalanya. Burung jantan memiliki jambul yang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan burung betina.

C. Suara
Apabila didengarkan dengan seksama, suara burung jantan lebih keras dan biasanya lebih ngerol atau bisa menghasilkan suara ropel yang baik tanpa terputus-putus. Berbeda dengan jenis betina yang suaranya kurang bervariasi dan sering terputus-putus.

D. Paruh
Jika kita memperhatikan lebih dekat, paruh burung jantan yang bagian bawah terlihat lebih terang, cenderung berwarna putih. Sedangkan pada burung betina, paruh bagian bawah tersebut lebih gelap dan cenderung berwarna hitam kecoklatan.

E. Mata
Mata burung jantan terlihat sangat tajam dan memiliki bulu-bulu halus dan berwarna hitam.

F. Bulu Dada
Selain memiliki warna bulu yang tajam, bulu dada juga bisa membedakan jenis kelamin. Burung jantan memiliki bulu dada yang lebih halus dan terlihat lebih mengkilat dibandingkan dengan burung betina.

G. Ekor
Burung jantan memiliki ekor yang biasanya lebih terbuka (mengembang) dibandingkan dengan burung betina yang cenderung memiliki ekor menutup.

H. Anakan
Jika burung tersebut belum dewasa dan masih anakan, anda bisa membedakan antara yang jantan dan betina dengan melihat ukuran kepalanya. Ukuran kepala burung jantan biasanya lebih besar dibandingkan dengan ukuran kepala burung yang betina.