Cara Agar Burung Pleci Buka Paruh dan Ngeplong

Advertisement
Advertisement
Ada banyak istilah yang digunakan oleh peternak burung dalam menggambarkan kicauan dan tingkah laku dari burung kicau yang mereka miliki. Beberapa istilah tersebut mungkin terdengar asing di telinga anda terutama yang berasal dari luar daerah Jawa. Karena tidak sedikit dari istilah-istilah tersebut yang diambil dari bahasa jawa.

Beberapa istilah umum yang sering kita dengar di antaranya adalah nggacor, ngerol, ngeplong, ngalas, dan lain-lain.

pleci ngeplong

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai istilah-istilah tersebut.

1. Ngeriwik
Ngeriwik adalah tingkah laku dari burung yang tidak begitu disukai oleh para peternak. Ngeriwik adalah istilah untuk menggambarkan burung yang berkicau dengan suara pelan dan terdengar monoton.

2. Ngerol
Ngeroll diambil dari istilah asing “roll,” merupakan istilah untuk menggambaran salah satu kemampuan burung yang sudah terlatih untuk mengeluarkan berbagai jenis suara dari master yang diberikan, misalnya suara 1 2 3 4 5 atau sebaliknya 4 3 2 1 5.

3. Ngalas
Setiap burung memiliki suara asli yang apabila kita dengarkan di alam liar akan menjadikan burung tersebut unik. Dalam istilah ini, ngalas diartikan sebagai kemampuan burung untuk menyuarakan kicauan khasnya sesuai dengan jenis dan habitatnya.

4. Ngeplong
Ngeplong atau suara plong merupakan suara lepas yang dimiliki oleh burung sehingga terdengar sangat jernih dan lantang.

5. Buka paruh
Buka paruh adalah istilah untuk burung kicau yang sudah mulai bersuara.

Agar Burung Pleci lebih mudah buka paruh, jangan lupa untuk memperhatikan perawatannya setiap hari. Perawatan tersebut meliputi pembersihan kandang secara rutin, mengganti air dan makanan, kemudian anda juga harus memperhatikan setingan burung. Setingan burung di mulai pada pagi hari yaitu dengan, mengangin-anginkannya selama 30 menit, kemudian dimandikan dengan metode semprot dan selanjutnya dijemur selama kurang lebih 2 jam sembari diberi makanan berupa extra food (EF) yang terdiri atas jangkrik, kroto, atau buah-buahan seperti buah pisang, buah apel, buah sawo dan lain-lain.

Perawatan harian tersebut bisa sangat berpengaruh terhadap Burung Pleci sehingga ia akan lebih mudah untuk buka paruh dan memiliki suara yang gacor.

Agar Pleci tidak ngeriwik saja dan malas buka paruh, ada beberapa tips yang harus anda jalani diantaranya adalah:

A. Grouping
Burung Pleci adalah jenis burung koloni yang suka berkumpul dan bergabung dengan burung-burung sejenisnya untuk berburu makanan. Oleh sebab itu, apabila anda ingin memancing burung ini agar cepat buka paruh, cobalah menempatkannya dengan burung-burung lain yang sudah terlebih dahulu nggacor atau sudah buka paruh. Metode ini terbukti sangat efektif dan tentu saja tidak merepotkan.

B. Hangout
Tidak hanya manusia yang menyukai hangout! ternyata Burung Pleci juga adalah salah satu jenis burung yang suka jalan-jalan dan menyukai tempat-tempat ramai. Apabila sering diajak ke tempat-tempat ramai seperti di perlombaan, lapangan, lain-lain, maka burung ini akan lebih mudah untuk buka paruh karena mereka tidak menyukai tempat yang terkesan itu-itu saja.

C. Makanan
Makanan sangat berpengaruh terhadap stamina burung. Oleh sebab itu makanan bergizi seperti voer berkualitas dan pemberian kroto serta ulat kandang harus tetap terjaga. Namun pemberian kroto sebaiknya jangan terlalu banyak.

Makanan bergizi kaya vitamin yang bersumber dari susu, Vitamin khusus burung, dll juga tidak boleh dilupakan.

Atau juga dengan memberikan vitamin terbaik yang dibuat dari bahan-bahan alami. OrBird bisa menjadi solusi yang praktis sebagai vitamin tambahan untuk burng kicau kesayangan anda.

D. Mastering
Memperdengarkan suara master seperti suara burung gereja, suara burung kenari, suara jangkrik, dan suara-suara burung yang lainnya akan memancing burung tersebut untuk merekam suara dan mengeluarkan kicauan seperti apa yang pernah ia dengar.

Mastering bisa dilakukan mulai setelah perawatan burung di pagi hari hingga menjelang sore. Selanjutnya, anda juga bisa memperdengarkan master pada malam hari hingga menjelang pagi.

Mungkin cukup sampai di sini pembahasan seputar pleci ngeplong lengkap dengan istilah-istilah pada burung kicau, semoga berguna bagi sobat pleci mania. Simak juga artikel sebelumnya mengenai tips membuat kandang pleci, dan ciri pleci jantan maupun betina.