Mengenal Burung Pleci Mata Putih

Advertisement
Advertisement
Pleci Mata Putih menjadi salah satu burung kicau yang cukup digemari dan banyak dicari karena burung ini lebih mudah buka paruh alias lebih mudah berkicau dibandingkan dengan jenis lainnya (baca: jenis pleci). Di Indonesia, beberapa jenis Pleci Mata Putih yang banyak diminati antara lain, Pleci Mata Putih Jawa Timur, Pleci Mata Putih Muria, dan Pleci Mata Putih Kudus. Dibandingkan dengan Pleci Mata Putih yang berasal dari Nusa Tenggara, Pleci Mata Putih dari Jawa lebih disukai.

Kelebihan Pleci Mata Putih
Beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh Pleci jenis ini diantaranya adalah suaranya yang lebih jernih dan mengkristal. Memiliki karakter yang cukup agresif terlebih apabila bertemu dengan lawan. Apabila dirawat secara baik, burung ini memiliki speed suara yang cukup rapat (download: suara Pleci).

pleci mata putih

Pakan Pleci Mata Putih
Makanan utama untuk burung Pleci Mata Putih hampir sama dengan burung Pleci lainnya yang menyukai buah-buahan seperti jambu merah, buah pisang, apel dan juga sawo. Selain itu beberapa breeder juga terkadang memberikan extra food (EF) berupa jangkrik, kroto, dan berbagai jenis ulat seperti ulat hongkong maupun ulat kandang. Untuk vitamin dan mineral, bisa bersumber dari madu, susu bubuk, dan lain-lain (baca: makanan pleci).

Perawatan
Perawatan rutin diantaranya adalah memandikan burung di pagi dan sore hari, atau menjemurnya setidaknya selama 2 jam setiap hari. Dan, pemberian makanan ekstra secara teratur dalam jumlah secukupnya (baca: cara merawat pleci harian).

Harga Burung Pleci
Harga burung ini cukup bervariasi, di Jawa, misalnya di daerah Malang harganya dipatok sekitar Rp. 200.000 - Rp. 350.000. Sedangkan untuk burung anakan atau piyikan masih berharga Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 (lihat: harga pleci).

Ciri Pleci Mata Putih
Burung ini memiliki ciri-ciri sesuai dengan namanya yaitu, memiliki iris mata berwarna putih. Kemudian di bagian dalamnya kita akan menemukan warna hitam dan lingkaran putih yang tampak seperti kacamata.

Sedangkan untuk ciri-ciri fisik, secara keseluruhan burung ini memiliki warna dada kekuning-kuningan dengan punggung yang sedikit hijau. Berukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dibandingkan dengan burung Pleci lainnya. Habitatnya kebanyakan berada di Jawa dan Nusa Tenggara (baca juga: pleci auriventer).

Perhatikan juga perawatan khusus untuk lomba bila anda ingin mengikutsertakan Pleci kesayangan anda di even perlombaan burung kicau (baca: perawatan Pleci lomba).