Tips Perawatan Burung Pleci Untuk Lomba

Advertisement
Advertisement
Burung Pleci atau zosterops yang akan diikutsertakan ke dalam lomba harus dirawat dengan baik mulai dari pemberian makan, perawatan atau setting-an setiap hari dimulai dari pagi hingga malam, kemudian Anda juga harus melatih mentalnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips dan cara merawat Pleci lomba agar memiliki mental yang kuat, rajin ngeroll dan ngalas serta bisa terus gacor (baca: agar pleci gacor).

pleci lomba

Merawat Burung Pleci untuk Lomba

A. Perawatan Harian
a. Pada pagi hari mulai 06.00 Anda bisa mengembunkan atau mengangin-anginkan burung tersebut selama kurang lebih 1 jam.
b. Selanjutnya pada 07.00 mandikan burung tersebut dengan cara menyemprot.
c. Setelah burung dimandikan, berikan makanan ekstra berupa 3 ekor jangkrik, 2 sdt (sendok teh) kroto dan 3 ekor ulat kandang.
d. Setelah itu, burung dijemur selama kurang lebih 1 hingga 2 jam.
e. Pada malam hari, antara pukul 19.00 hingga 21.00 Anda bisa memandikan burung tersebut dengan cara menyemprotnya.
f. Setelah itu, angin-anginkan burung tersebut selama kurang lebih 1 (satu) jam sambil diberikan 2 (dua) sendok teh kroto dan 3 (tiga) ekor ulat kandang.
g. Selain memberikan makanan ekstra berupa binatang kecil seperti jangkrik dan lain-lain, setidaknya Anda juga harus memberikan buah-buahan seperti buah pepaya, dan buah pisang di hari-hari tertentu.

B. Melatih Mental Burung
Latihan mental merupakan bagian dari perawatan Burung Pleci agar ia siap saat berada di lapangan. Karena apabila tidak dilatih mentalnya, kemungkinan burung akan down dan enggan berkicau.
Cara melatih mental burung, mulailah dengan melakukan simulasi seperti di lapangan lomba.
  • Anda bisa mengistirahatkan burung tersebut selama beberapa jam misalnya 7 hingga 9 jam dan full kerodong.
  • Selanjutnya, Anda bisa memberikan makan burung tersebut dengan extra food berupa 2 sendok teh kroto dan tambahkan 3 ulat hongkong (baca juga: makanan pleci).
  • Setelah itu, gantang burung dan tunggu hingga berbunyi. Setelah burung ngalas/ngerol cobalah mendekatinya secara perlahan. Lakukan metode ini hingga burung benar-benar terbiasa dan tidak takut dengan kehadiran manusia.
  • Selingi dengan multivitamin terbaik, salah satunya adalah OrBird.
C. Mempersiapkan Pleci jelang Lomba
Jika perawatan harian yang terbaik sudah diberikan dan mentalnya sudah dilatih, selanjutnya Burung Pleci juga perlu untuk dipersiapkan menghadapi perlombaan mulai setidaknya 3 hari sebelum hari H.
  • Mulailah dengan memandikan burung di malam hari antara 19.00, kemudian berikan 2 sendok teh kroto, 3 ulat hongkong atau ulat kandang serta 2 ekor jangkrik. Manfaat pemberian jangkrik adalah untuk memancing birahinya namun jangan terlalau banyak agar birahi burung tidak meningkat drastis.
  • Setelah itu, burung harus dikerodong secara total hingga pagi hari sambil diperdengarkan master.
  • Pada saat hari H, bawa burung tersebut ke lapangan dengan full krodong lalu buka kerodong selama 15 - 30 menit untuk membiasakan burung agar tidak kaget dengan kondisi di sekitarnya. Setelah itu kerodong kembali burung tersebut.
  • Pada saat burung akan digantang, bersihkan semua sisa makanan maupun minuman yang ada.
Kami akhiri sampai di sini dulu penjelasan mengenai cara merawat burung pleci lomba, semoga tips ini bisa membantu anda untuk membawa pleci menjadi jawara lomba. Simak juga perawatan pleci saat-saat tertentu, yakni terutama saat mabung (baca: perawatan pleci mabung).