Tips Perawatan Burung Pleci Mabung Agar Cepat Selesai

Advertisement
Advertisement
Beberapa binatang atau hewan akan melakukan pergantian kulit, atau pergantian bulu setiap tahunnya. Diantara beberapa hewan yang melakukannya adalah: ular, ulat dan juga burung. Proses tersebut dalam bahasa asing dikenal dengan istilah molt yang berarti berganti bulu, atau moulting yang berarti perontokan.

Dan hampir semua burung setiap tahunnya merontokkan bulu-bulunya yang sudah tua. Dan dalam istilah bahasa jawa dikenal dengan sebutan burung mabung. Di alam liar, burung bisa beradaptasi dan melakukan proses molt dengan caranya sendiri sendiri. Sedangkan burung yang dirawat di dalam sangkar atau di dalam kandang membutuhkan perhatian khusus dan perlakuan yang sedikit berbeda agar proses mabung bisa berjalan lancar tanpa kendala.

pleci mabung

Perawatan Pleci Mabung
Kesalahan perawatan pada saat burung mabung dapat menyebabkan beberapa masalah seperti: burung macet atau tidak mau berbunyi lagi setelah selesai mabung, kemudian burung menjadi giras atau tidak tenang, dan beberapa masalah mental lainnya.

Agar masalah tersebut tidak terjadi, ada berapa tips yang bisa Anda ikuti dalam merawat Burung Pleci pada saat mabung diantaranya adalah:

A. Settingan Harian
Kita akan mulai dari perawatan harian burung mabung. Jika biasanya kita memandikan burung setiap pagi dan sore hari serta menjemurnya di bawah sinar matahari, maka pada saat burung berganti bulu, kita sebaiknya tidak melakukannya (baca: cara merawat pleci harian).

Untuk sementara burung jangan dimandikan terlalu sering. Jadi, Anda bisa melakukannya maksimal seminggu sekali.

Setelah bulu-bulu jarum atau tunas-tunas bulu burung mulai tumbuh, barulah Anda boleh mulai melatihnya untuk membiasakan mandi dalam jumlah yang lebih banyak.

B. Lingkungan
Pada saat berganti bulu, burung membutuhkan tempat yang tenang, aman, dan nyaman, jauh dari pengganggu, pemangsa dan dari burung sejenisnya. Anda harus mengurangi gangguan baik itu saat memberi makan maupun pergantian air. Anda bisa memberikan makan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya untuk mengurangi gangguan konstan tersebut.

Jangan lupa untuk selalu mengkrodong sangkar burung, ini akan memberikan rasa aman dan nyaman serta akan membuat burung lebih fokus menyelesaikan proses mabung tersebut.

C. Makanan
Makanan burung harus benar benar di perhatikan. Berikan voer berkualitas, serta jangan lupa berikan multivitamin yang dapat meningkatkan stamina dan makanan yang bisa membantu proses mabung.
Kurangi jumlah makanan ekstra seperti cacing, ulat hongkong maupun jangkrik agar birahi burung tidak meningkat karena dapat mengganggu proses moulting (baca: makanan pleci).

Selain memberikannya multivitamin, Anda juga bisa memberikan mineral maupun vitamin dalam bentuk yang lebih alami, misalnya vitamin yang bersumber dari buah-buahan seperti, buah pisang, buah pepaya dan buah semangka.

Jika ingin lebih praktis bisa dengan memberikan multivitamin tambahan yang terbuat dari bahan-bahan terbaik, anda bisa memilih OrBird.

D. Mastering
Pada saat burung mabung, ini merupakan saat yang tepat untuk memperdengarkan master kepada burung tersebut. Karena, burung saat ini sedang enggan untuk berbunyi dan menanggapi master sehingga ia bisa lebih berkonsentrasi untuk mendengarkan (baca: cara agar pleci gacor).

Berikan suara master yang sesuai dengan karakter burung. Dan ingat! perdengarkanlah master secara sayup sayup saja (baca juga: cara ternak pleci).