Tips Perawatan Burung Kacer Mabung Total

Advertisement
Advertisement
Bagi kacer mania, merawat burung kacer adalah hobi dan memang sangat menyenangkan, meskipun sering kali menemui permasalahan pada kacer kesayangannya. Salah satu hal yang mungkin membingungkan bagi kacer mania pemula adalah kacer saat mabung, karena pada saat itu bulu-bulunya pada rontok, sehingga sang pemilik pun bingung untuk mengatasinya.

Sobat kacer mania harus tahu terlebih dahulu tanda-tanda kacer mengalami masa mabung, sehingga untuk mengatasinya bisa lebih mudah. Bagi kacer mania berpengalaman, hal ini bisa dibilang sangatlah mudah untuk mengatasinya, maka dari itu kacer pemula butuh waktu, sehingga dengan prosesnya akan mendapatkan banyak hal yang berharga, terutama ilmu dan pengalaman.

kacer mabung

Bagi sobat yang belum tau ciri kacer mabung, maka bisa anda simak informasi selengkapnya berikut ini:

Ciri Burung Kacer Mabung atau Ngurak
1. Apabila burung tampak tidak bergairah dan memiliki tatapan mata sayu, maka itu bisa menandakan bahwa burung akan memasuki proses mabung atau pergantian bulu.
2. Bulu tampak kusam dan sudah tidak mengkilat lagi atau sudah sangat tua sehingga membutuhkan pergantian.
3. Pada saat memasuki proses tersebut, burung juga biasanya enggan untuk berbunyi atau terlihat malas. Hal tersebut bisa dikenali dari kebiasaannya.
4. Ciri-ciri lainnya adalah, bulunya akan berjatuhan satu hingga beberapa helai dalam 1 hari. Terlebih jika bulu-bulu tersebut tampak sangat banyak yang berjatuhan, maka Anda harus segera memahaminya.

Merawat Kacer mabung tidak membutuhkan banyak perhatian melainkan Anda cukup mengetahui apa saja pantangannya dan apa saja yang boleh diberikan pada saat pergantian bulu tersebut.
Setiap orang memiliki metodenya masing-masing dalam perawatan burung mabung. Namun, ada tips-tips umum yang harus dijalankan mengingat dampak dari proses mabung tersebut bisa menyebabkan burung menjadi macet apabila salah memberikan perawatan.

Cara Merawat Kacer Mabung
Mabung atau berganti bulu yang dalam istilah bahasa asing disebut moulting merupakan kejadian yang pasti dilalui oleh semua burung. Sama halnya dengan ular, mereka berganti bulu dengan yang lebih muda dan lebih bagus.

Berikut adalah cara merawat agar Kacer yang sedang mabung tetap bisa enjoy dan pada saat selesai mabung tidak terdapat masalah apapun.

A. Pantangan Saat Kacer Mabung

1. Tidak Boleh Dimandikan
Beberapa tulisan yang kita temui di internet ada yang menyarankan untuk memandikan Kacer pada saat mabung. Tulisan tersebut tidak sepenuhnya salah karena semua tergantung dari metode masing-masing. Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa apabila burung dimandikan secara rutin misalnya sehari sekali, maka proses mabung dari burung tersebut akan sedikit terganggu. Dan akibatnya, sudah bisa ditebak. Burung terkadang kesulitan untuk merontokkan bulu-bulunya atau membutuhkan waktu yang lebih lama.
Memandikan burung yang tepat adalah setelah bulu-bulu jarumnya mulai muncul.

2. Jangan Memberikan Extra Food yang Banyak Mengandung Protein
Salah satu alasan mengapa burung berbunyi pada saat mabung adalah karena mereka kelebihan extra food yang mengandung protein tinggi yang menyebabkan birahi burung meningkat. Terlalu banyak memberikan makanan extra food seperti, jangkrik, ulat hongkong, atau telur semut yang disebut kroto merupakan penyebab mengapa birahi burung meningkat.

Memang benar pada saat mabung burung harus diberikan makanan bergizi yang bisa meningkatkan staminanya. Namun bukan makanan yang terlalu banyak mengandung protein.

Beberapa contoh makanan yang baik untuk burung mabung diantaranya adalah voer yang berkualitas dan mengandung beberapa mineral serta gizi. Kandungan yang harus ada diantaranya adalah lemak, protein karbohidrat, dan serat. Selain dari makanan, Anda juga perlu menambahkan vitamin serta mineral dari suplemen (baca juga: makanan kacer).

Bahkan beberapa breeder menyarankan untuk menghentikan sama sekali pemberian makanan tinggi protein seperti jangkrik, ulat hongkong, maupun kroto. (harus dipertimbangkan). Alasannya cukup sederhana, hal tersebut dimaksudkan untuk membuat burung menjadi drop sehingga burung hanya berkonsentrasi pada proses mabung-nya saja.

3. Tidak Membersihkan Kandang Sama Sekali
Banyak orang menyangka bahwa pada saat mabung, burung tidak boleh diganggu sama sekali sehingga tidak diangkat kerodongnya dan tidak dibersihkan sama sekali. Sebenarnya metode tersebut bisa jadi menyebabkan burung sakit karena banyaknya kotoran serta gas yang ditimbulkan akibat kotoran tersebut.

Yang benar dalam perawatan kandang, terutama pada saat burung mabung adalah, Anda harus secara rutin membersihkan kandang tersebut 2 kali dalam seminggu. Atau, yang lebih baik adalah mengkhususkan kandang atau sangkar yang alasnya bisa diganti dengan mudah tanpa harus mengangkat kerodong sehingga burung tidak merasa terganggu.

4. Jangan Menjemur Burung
Pantangan selanjutnya adalah, tidak boleh menjemur burung atau, apabila Anda harus menjemurnya jemurlah hanya sesaat saja misalnya 15 menit atau 20 menit dan tidak lebih.
Membiarkan burung di tempat yang dingin adalah salah satu metode mempercepat perontokan bulu. Jadi, usahakan untuk menghindari proses penjemuran.

5. Full Krodong
Pada saat mabung, banyak juga pemula yang menganggap bahwa burung harus dikerodong terus-menerus. Tanggapan tersebut sebenarnya salah, karena burung juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk untuk menjaga kesehatannya agar tetap prima.

Jadi, yang benar adalah, Anda sebagai pemilik burung yang sedang mabung harus setidaknya memberikan keleluasaan dan membuka krodong sesekali untuk membiarkan angin masuk . Namun bukan pada malam hari di mana cuaca sangat dingin.

B. Yang Perlu Diperhatikan saat Kacer Mabung

1. Tempatkan di Tempat yang Sunyi
Pada saat Kacer mabung, mereka membutuhkan konsentrasi yang tinggi terutama karena rasa sakit dan akibat kehilangan bulu yang menyebabkan psikologinya sedikit terganggu.
Itulah sebabnya mengapa pada saat burung mabung, dianjurkan meletakkan sangkarnya di tempat yang sunyi atau di tempat yang tenang. Jauhkanlah burung lain agar Burung Kacer yang sedang mabung tidak menimpali atau menanggapi kicauan burung lain.

2. Memperdengarkan Master
Pada saat mabung, inilah saat yang tepat untuk me-master burung. Karena mudahnya burung berkonsentrasi serta memorinya akan lebih terbuka untuk suara-suara baru.
Memberikan variasi suara pada saat burung mabung sangat baik dan perlu Anda perhatikan bahwa, tidak dianjurkan memutar audio dengan suara yang terlalu keras. Putar lagu audio sayup-sayup saja hanya sekedar memperdengarkannya.

3. Kurangi Gangguan Konstan
Yang saya maksud dengan gangguan konstan adalah, seperti, penggantian air, pemberian makanan, dan membersihkan kandang. Penggantian-penggantian tersebut sebaiknya dilakukan tidak terlalu sering agar burung tetap berkonsentrasi terhadap proses ngurak atau pergantian bulu. Misalnya dilakukan 2 kali dalam seminggu.

C. Pasca Mabung
Setelah proses pergantian bulu selesai, Anda sudah mulai boleh memandikan burung tersebut. Anda bisa memberikannya shampo misalnya memakai Shampo Jati Fajar yang dimaksudkan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel di bulu burung tersebut secara sempurna.

Namun sedikit berbeda dengan proses setingan harian di mana biasanya setelah mandi kita akan menjemur burung, disini, setelah mabung, dan setelah dimandikan burung tidak dijemur melainkan langsung dikerodong.

Burung kemudian diberikan makanan ekstra berupa jangkrik setidaknya 6 hingga 10 ekor.
Penjemuran dilakukan pada keesokan harinya selama 2 hingga 3 jam, setelah dimandikan memberikan kesempatan terhadap burung tersebut melakukan adaptasi kembali dengan perawatan rutin yang akan kita berikan seperti biasa.

Setelah burung mulai terlihat gacor atau rajin berbunyi, penjemuran diturunkan waktunya misalnya 1 atau 2 jam.

Setelah burung mulai beradaptasi dengan settingan sehari-hari, seperti sebelum burung mabung, maka sekarang burung sudah bisa diperlakukan seperti biasanya. Mulai dari pagi hari memandikan dan menjemur serta mengangin-anginkannya.

Demikianlah ulasan total mengenai perawatan kacer mabung yang bisa kami share untuk sobat kacer mania kali ini, semoga ulasan ini bisa menambah informasi buat sobat semua. 

Simak info seputar kacer yang lain yang berjudul: cara merawat kacer bakalan.