Perawatan Burung Ciblek Pada Masa Mabung ( Molting )

Advertisement
Advertisement
Ciblek mabung atau berganti bulu adalah fenomena dan kejadian yang umum. Semua burung akan mengalami masa mabung atau pergantian bulu. Oleh sebab itu, sebagai pemiliknya, anda dituntut untuk memberikan perhatian lebih pada saat-saat tersebut. Karena pada saat mabung burung yang ada di dalam sangkar atau di dalam penangkaran mengalami sedikit perbedaan dari sisi psikologi dibandingkan dengan burung yang berada di alam liar.

Apabila perawatan yang anda lakukan tidak benar atau salah, bisa jadi burung yang sebelumnya sudah gacor dan rajin berkicau, kemudian menjadi macet atau sering loncat-loncat. Masalah ini tentu saja tidak boleh dianggap remeh terutama jika anda memiliki dan memelihara burung yang sering digunakan dalam lomba.

ciblek mabung

Perawatan Ciblek Mabung
Berikut adalah tips ringan untuk merawat Ciblek mabung agar tetap bisa stabil, bulunya lebih mengkilat dan bersih, suara tetap bisa dipertahankan atau gacor, dan kemudian burung juga tidak mengalami stres.

A. Kerodong
Saat memasuki masa mabung, tutup kandang atau sangkar burung dengan menggunakan kerodong. Biarkan dalam waktu yang lama kecuali untuk memberikan makan dan mengganti air. Jangan biarkan kandang dalam keadaan kotor agar berbagai jenis penyakit berbahaya tidak menyerang burung.
Namun apabila anda memiliki sangkar spesial yang alasnya bisa dibuka dan diambil, maka itu lebih baik agar lebih mudah membersihkan tanpa harus membuka kerodong.

B. Pakan Burung
Dalam memberikan pakan, extra food seperti kroto maupun ulat hongkong dan lain-lain sebaiknya ditambah. Jadi, bukan dihentikan. Pemberian makan hanya dilakukan sesekali saja dan sebaiknya jarang-jarang. Oleh karena itu, anda bisa memberikan pakan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya untuk mengurangi gangguan konstant.
Pada intinya, pada saat mabung, burung membutuhkan lebih banyak makanan dibandingkan biasanya, namun, lagi-lagi jangan memberikan banyak gangguan dan maksimal lakukanlah pergantian makanan 3 kali dalam seminggu.

C. Suplemen dan Vitamin
Kondisi burung pada saat mabung tentu saja tidak stabil dan membutuhkan makanan yang bergizi baik itu dari vitamin maupun suplemen. Banyaknya tenaga yang dikuras dalam masa mabung mengharuskan kita menyediakan makanan dalam jumlah yang banyak. OrBird bisa menjadi solusi yang tepat salam membantu melancarkan proses molting.

D. Perawatan Sehari-hari
Perawatan sehari-hari seperti memandikan burung dan lain-lain pada saat mabung tidak dilakukan. Memandikan burung hanya dilakukan seminggu sekali atau setiap 10 hari.

E. Mastering
Pada saat mabung, burung biasanya sangat mudah menerima master, dan biasanya lebih mudah melekat di memori mereka. Oleh sebab itu, untuk memberikan tambahan isian suara, anda bisa melakukannya pada saat burung sedang mabung.

Baca juga artikel sebelumnya seputar burung lovebird albino.