Tips Meracik Makanan Sehat Untuk Burung Pleci

Advertisement
Advertisement
Seekor burung bisa tetap terjaga kondisinya apabila makanannya juga terjaga dan teratur. Baik itu pemenuhan kebutuhan nutrisi, vitamin, dan lain-lain. Makanan burung juga tidak lepas dari extra food (EF) berupa binatang-binatang kecil atau serangga yang mudah kita temukan di penjual burung maupun penjual pakan burung.

Pemberian makan secara rutin, baik itu pagi hari, siang hari dan sore hari harus tetap terjaga (baca juga: cara merawat pleci). Walaupun setiap orang memiliki metodenya masing-masing dalam menerapkan extra food. Anda bisa memberikan makanan ekstra berupa kroto, misalnya 3 atau 4 kali dalam seminggu, kemudian, alternatif selain kroto, anda bisa memberikan burung makanan berupa cacing tanah.

pleci sehat

Pakan Burung Pleci
Kebanyakan burung kicau makanan utamanya adalah voer. Voer yang anda berikan sebaiknya berkualitas dan cocok untuk burung tersebut.

Makanan ekstra bisa berasal dari beberapa jenis serangga seperti ulat hongkong (UH), jangkrik, belalang, cacing tanah, dan lain-lain.

Beberapa breeder atau peternak Burung Pleci terkadang memanfaatkan beberapa racikan makanan khusus untuk Burung Pleci agar rajin berbunyi dan bisa menjadi jawara di lomba-lomba (baca juga: cara agar pleci gacor).

Meracik Makanan untuk Burung Pleci
Berikut adalah salah satu cara meracik makanan agar Burung Pleci bisa jawara atau juara saat lomba. Makanan ini sebaiknya diberikan tidak terlalu banyak dan maksimal 1 sendok makan dalam sehari.

Bahan:
Sediakan 3 butir telur bebek. Kemudian, tambahkan 1 bungkus Promina, 2 bungkus wedang jahe, 2 bungkus susu bubuk Dancow dan 2 bungkus Leopard.
Campurkan semua bahan kemudian aduk hingga rata. Setelah jadi, racikan makanan tersebut bisa anda simpan di wadah yang tertutup atau disimpan didalam kulkas agar awet dan terhindar dari bakteri.

Sumber Vitamin dan Mineral
Selain makanan yang bersumber dari hewan atau binatang, anda juga sebenarnya bisa memberikan Burung Pleci buah-buahan seperti, buat pisang, buah apel, dan buah pepaya.

Pemberian makanan berupa buah-buahan bisa menjadi sumber vitamin, mineral, dan juga gizi yang cukup baik untuk menunjang stamina burung serta untuk menjaga agar burung tetap terhidrasi. Namun perlu diingat, pemberian makanan berupa buah-buahan tidak boleh terlalu sering.
Berikut adalah tips memberikan buah-buahan untuk Burung Pleci.

Berikan potongan buah pepaya yang matang, misalnya 1 minggu sekali, kemudian apel bisa anda berikan maksimal 3 kali dalam seminggu, begitu juga dengan pisang, bisa anda berikan sesekali atau 2 kali dalam seminggu.

Pemberian variasi makanan akan memudahkan burung dalam menjaga stamina, serta, bermaksud agar burung tidak kelebihan vitamin maupun protein yang menyebabkannya over weigth (baca juga: cara ternak pleci).

Demikianlah serba-serbi mengenai makanan pleci terbaik yang bisa kami informasikan kepada sobat pecinta burung pleci, semoga artikel kali ini berguna buat sobat semua.