Informasi Seputar Makanan Burung Cucak Jenggot Yang Wajib Anda Ketahui

Advertisement
Advertisement
Makanan atau pakan adalah salah satu bagian penting dari perawatan Burung Cucak Jenggot yang tidak boleh anda anggap enteng. Makanan akan tetap menjaga burung agar memiliki stamina yang baik serta kesehatan yang oke. Selain itu, makanan juga sangat berpengaruh terhadap mental burung (baca: ternak cucak jenggot).

Apabila dirawat dengan baik dan diberikan makanan secara teratur dengan pengawasan yang ketat, libido atau birahi burung bisa dijaga sehingga dia tidak akan mudah stres dan tidak akan ada masalah (baca: cara merawat cucak jenggot).

Selain burung jantan, apabila anda ingin memiliki burung betina yang gacor dan bisa dijadikan sebagai gacoan di dalam lomba-lomba, ada baiknya anda mengontrol jumlah asupan makanan ekstra untuk Burung CJ betina tersebur (baca: ciri cucak jenggot jantan dan betina).

makanan cucak jenggot

Dengan demikian, burung akan tetap stabil dan tidak terkuras tenaganya karena terlalu sering bertelur. Dengan mengurangi makanan berupa jangkrik, intensitas atau frekuensi bertelur dari burung tersebut akan jauh berkurang.

Makanan Cucak Jenggot
Sebagai burung kicau, Burung Cucak Jenggot memiliki beberapa varian makanan yang bisa disesuaikan dengan kondisinya. Diantara pembagian makanan-makanan tersebut adalah: makanan utama, makanan extra, sumber vitamin, serta makanan yang dapat menjadi booster atau makanan khusus untuk membangkitkan semangat burung agar rajin berkicau disamping untuk menjaganya agar burung tetap fit.

A. Makanan Pokok
Hampir semua burung yang ditangkar, atau burung yang diternak selalu diberikan makanan utama berupa voer. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, mengingat ini adalah makanan paling mudah didapatkan serta memiliki kandungan gizi maupun mineral yang cukup. Diantara beberapa burung kicau yang bisa dilatih makan voer sejak kecil adalah Burung Kepodang, Burung Branjangan, Burung Cucak Rowo, Burung Pleci, Burung Kacer, dan lain-lain.

B. Makanan Pendamping
Selain makanan utama, burung ini juga menyukai makanan pendamping berupa buah-buahan. Beberapa buah-buahan yang disukai diantaranya adalah: buah pepaya dan buah pisang.
Dua buah tersebut bisa diselang-seling pemberiannya atau jangan lupa memberikannya setiap hari misalnya pada sore hari.

Makanan Ekstra (EF)
Makanan ekstra berperan sangat penting dalam menjaga stamina burung terutama sebagai sumber protein. Diantar extra food (EF) yang paling populer untuk Burung Cucak Jenggot adalah jangkrik dan kroto. Tidak hanya itu, burung ini juga bisa diberikan ulat hongkong (UH).

Pemberian EF berapa jangkrik bisa diberikan 2 ekor dalam sehari. Misalnya 1 ekor di pagi hari dan 1 ekor di sore hari. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk memberikannya lebih dari itu. Terutama apabila di butuhkan. Misalnya, 2 ekor di pagi hari dan 1 ekor di sore hari.

Menjelang lomba. Misalnya satu hari sebelum lomba, jumlahnya bisa ditambah. Contoh, pada pagi hari anda bisa memberikan 4 tinggal 5 ekor.

Sedangkan pada burung betina, apabila dijadikan sebagai burung gacoan yang rajin gacor, sebaiknya anda mengurangi jumlah makanan extra. Anda bisa memberikan makanan yang serupa jangkrik maksimal 2-3 ekor dalam 1 minggu. Pemberiannya, bisa 1 ekor pada hari minggu dan 1 ekor pada hari rabu atau hari yang lainnya.

Pengurangan jumlah EF yang mengandung banyak protein tersebut dimaksudkan untuk mengurangi libido atau tingkat birahi dari burung CJ betina. Dengan demikian, maka burung tidak akan terlalu sering bertelur yang dapat mengurangi eksistensinya atau vitalitasnya dalam bersuara.

C. Ramuan Khusus
Pada kondisi kondisi tertentu, misalnya apabila burung sedang dalam masalah seperti macet bunyi atau apabila burung akan dijadikan sebagai salah satu burung kicau yang rajin gacor, maka, anda setidaknya harus memberikan ramuan khusus.

Beberapa breeder dan penghobi burung memberikan Burung Cucak Jenggot minuman dari Larutan Penyegar untuk memancing agar burung tersebut rajin bersuara. Namun ada juga yang menggunakan campuran antara telur, madu, kroto dan buah-buahan.

Berikut cara membuat campuran pakan untuk burung agar gacor.
1. Siapkan 1 butir telur bebek dan ambil putihnya saja. Kemudian tambahkan 2 sendok makan kroto lalu tambahkan juga potongan buah apel.
2. Aduk ketiga bahan di atas hingga rata dan halus menggunakan blender.
3. Setelah ramuan sudah siap. Anda bisa memberikan ramuan ini 1 sdt (sendok teh) setiap selesai memandikan burung pada sore atau malam hari.

Lebih lengkap lagi informasi yang bisa anda baca dengan mengunjungi artikel selanjutnya yang masih membahas seputar pakan cucak jenggot.