Ciri-Ciri Umum Burung Lovebird Violet

Advertisement
Advertisement
Saat ini, makin banyak saja varian Lovebird yang muncul. Entah itu dari Benua Asia maupun dari Benua Eropa. Beberapa varian Lovebird yang cukup terkenal di antaranya adalah, Lovebird Dakocan, Lovebird Lutino, Lovebird Albino, Violet, Lovebird Holland, dll.

Pada awalnya, burung ini hanya dilombakan berdasarkan suaranya saja. Namun belakangan banyak kita temui juga lomba-lomba yang berdasarkan pada kriteria warna bulu. Tidak dipungkiri apabila burung Lovebird memiliki berbagai variasi bulu mulai dari warna hijau yang menjadi warna aslinya, kemudian warna violet, warna kuning, warna biru, dan ada juga variasi warna putih dan halfsider (setengah-setengah).

lovebird violet

Burung Lovebird Violet
Khusus untuk burung Lovebird Violet, warnanya sangat mirip dengan Lovebird Cobalt atau yang berwarna biru. Lovebird Violet bisa dihasilkan dari perpaduan antara:
  1. Induk jantan Lovebird Biru Dakocan yang dikawinkan dengan induk betina Lovebird Violet, menghasilkan Lovebird Violet.
  2. Induk jantan Lovebird Violet yang dikawinkan dengan induk betina Lovebird Biru Dakocan bisa menghasilkan Lovebird Violet.
  3. Induk jantan Lovebird hitam apabila dikawinkan dengan induk betina Lovebird Pastel Putih juga bisa menghasilkan Lovebird Violet.
Ciri-ciri Umum Lovebird Violet
  • Memiliki bulu berwarna biru keunguan atau yang umum disebut violet. Warna bulu tersebut dominan diantaranya terlihat dibagian sayap dengan ujung warna hitam. Kemudian dibagian perut burung ini berwarna biru muda. Beberapa burung memiliki leher berwarna putih. Kemudian, kepalanya dominan hitam dengan paruh yang sedikit pucat.
  • Paruh burung tersebut biasanya berwarna orange pucat dan sebagian juga ada yang berwarna orange tua.
  • Sebenarnya burung ini juga memiliki variasi warna yang lain yaitu Lovebird Pastel Violet yang bulunya dominan berwarna putih namun dengan tambahan berwarna pastel violet pada bagian punggung dan sayapnya.
  • Ciri-ciri burung Lovebird Pastel Violet kepalanya berwarna abu-abu atau putih kemudian paruhnya memiliki warna orange. Di bagian leher, dada serta tubuh yang lainnya termasuk ekor biasanya dominan dengan warna putih dan diselingi warna violet.
Harga burung Lovebird Violet cukup bervariasi antara Rp. 400 ribu hingga Rp. 800 ribu. Semua bergantung pada usia dan juga perawatannya. Burung yang sudah siap untuk diikutkan lomba biasanya berharga lebih mahal.