Mengenal Burung Lovebird Kepala Emas / Palamas

Advertisement
Advertisement
Burung Lovebird Kepala Emas merupakan salah satu jenis Lovebird yang dihasilkan karena mutasi. Burung ini sejatinya memiliki warna yang hampir mirip dengan burung Lovebird Ori (original) yaitu didominasi dengan warna hijau, kemudian pada ujung sayap memiliki warna yang sedikit terang antara abu-abu dan putih, kemudian leher berwarna kuning yang dipadukan dengan warna orange hingga menutupi bagian wajah.

lovebird kepala emas

Namun, tentu saja yang unik dari burung ini adalah warna dibagian atas kepalanya yang tampak seperti keemas-emasan. Warna tersebut kemudian menjadi identitas burung ini sehingga lebih dikenal dengan nama Lovebird Kepala Emas atau Lovebird Palamas.

Pada perkembangan selanjutnya, Lovebird Palamas tidak hanya memiliki dominan warna bulu hijau melainkan ada juga yang berwarna kekuning-kuningan atau pastel.

Di pasaran saat ini, misalnya di Jogja, harga Lovebird Palamas berkisar antara Rp. 400 ribu hingga 500 ribuan untuk anakan. Sedangkan untuk Lovebird Palamas dewasa harganya berkisar antara Rp. 1 juta hingga Rp. 1,3 juta.

Burung ini sama saja dengan Burung Lovebird lainnya dan tidak ada ciri-ciri khusus selain warna di bagian kepalanya yang terlihat seperti warna emas. Tidak ada perbedaan dalam sisi perawatan maupun setingan harian.

Salah satu penggiat atau peternak Lovebird yang ada di Yogyakarta yaitu, Pak Widodo yang berasal dari Godean Sleman misalnya, beliau menjual Lovebird Kepala Emas yang masih berumur 3 bulan dengan rentang harga antara Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000.

Tidak hanya Kepala Emas, beliau juga menjual Lovebird Hijau yang berumur 3 bulan dengan harga Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000. Setiap daerah memiliki variasi harga yang sedikit berbeda beda, oleh sebab itu mungkin saja di daerah anda harganya sedikit lebih mahal atau sebaliknya.

Selain lovebird kepala emas, jenis lovebird lain yang tak kalah bagus dan banyak peminatnya adalah burung lovebird olive.