Lokasi Yang Baik Untuk Budi Daya Burung Cucak Jenggot

Advertisement
Advertisement
Lokasi budi daya dan model kandang merupakan dua faktor yang tidak boleh dipandang remeh, karena dua faktor ini menjadi fondasi awal untuk meraih sukses dalam menjalankan budi daya cucak jenggot. Berikut ini diuraikan mengenai lokasi budi daya dan model kandang cucak jenggot yang baik (baca: ternak cucak jenggot).

Mencari lokasi budi daya cucak jenggot yang baik sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebab, pada dasarnya, cucak jenggot mudah dibudidayakan di segala lokasi. Yang terpenting adalah lokasi tersebut harus tenang, dalam artian tidak banyak mendapatkan gangguan. Selain itu, lokasi juga harus bisa membuat cucak jenggot merasa seperti berada di habitat aslinya (hutan).

lokasi budi daya cucak jenggot

Lokasi budi daya cucak jenggot boleh berada di dalam maupun di luar rumah. Faktor yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari pagi harus bisa masuk ke dalam kandang. Selain itu, lokasi budi daya cucak jenggot juga sebaiknya memiliki suhu sejuk antara 15-20 derajat Celsius, memiliki ventilasi sempurna, dan pembatas atau pagar, sehingga tidak memudahkan binatang-binatang pemangsa memasuki lokasi budi daya.

Baca juga: ciri cucak jenggot jantan dan betina.

Sinar matahari pagi sangat diperlukan di dalam lokasi budi daya cucak jenggot karena mampu menerangi kandang sekaligus mengeringkan dan membunuh bakteri-bakteri jahat yang menempel  di dinding kandang. Terkait dengan hal tersebut, sebaiknya lokasi budi daya cucak jenggot dibuat menghadap kea rah timur, sehingga ketika pagi hari langsung bisa dimasuki sinar matahari.

Ventilasi yang sempurna berfungsi untuk mengatur keluar-masuknya udara di lokasi budi daya cucak jenggot. Udara yang kotor karena bau kotoran cucak jenggot dan kandang yang lembab dapat keluar lalu digantikan dengan udara bersih dari luar.dengan demikian, udara di lokasi budi daya cucak jenggot selalu terasa bersih, sejuk, segar, dan nyaman bagi cucak jenggot. Dengan begitu, cucak jenggot yang dibudidayakan akan selalu dalam kondisi sehat.

Lokasi budi daya cucak jenggot sebaiknya selalu bersih dari polusi udara yang berlebihan. Maka dari itu, hindari membuat lokasi budi daya cucak jenggot di dekat sebuah pabrik yang dalam proses produksinya disertai dengan adanya pembakaran yang asapnya mengarah ke lokasi budi daya cucak jenggot. Selain itu, usahakan pula di sekitar lokasi budi daya cucak jenggot terdapat burung-burung jenis lainnya. Jika hal ini tidak bisa dihindari maka pastikan bahwa lokasi budi daya cucak jenggot memiliki pembatas atau pagar yang memungkinkan cucak jenggot yang dibudidayakan tidak bisa melihat keberadaan burung-burung jenis lain tersebut.

Lokasi budi daya cucak jenggot yang baik seperti itu merupakan modal awal yang sangat penting dan mendasar. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh pembudidaya cucak jenggot yang telah sukses, lokasi budi daya merupakan faktor yang bisa disejajarkan dengan faktor genetic (keturunan). Indukan cucak jenggot sebagus apa pun kualitasnya, maka tidak akan bisa berproduksi secara maksimal jika ditempatkan di lokasi budi daya yang tidak baik. Maka dari itu kualitas lokasi budi daya cucak jenggot harus benar-benar diperhatikan oleh sang pembudidaya. (Om Shodiq Gacor)