Tips Membuat Kandang Ternak Burung Kacer

Advertisement
Advertisement
Membuat kandang ternak Kacer tidak terlalu rumit dan terkesan cukup sederhana. Kandang ternak bisa berfungsi untuk mengembangbiakan burung maupun untuk penangkaran. Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan burung ini, tidak ada tips khusus dalam pembuatan kandang melainkan, kandang hanya harus: memudahkan anda dalam membersihkan kandang, dan sesuaikan saja dengan kebutuhan serta tempat yang anda miliki.

Yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Kandang Burung
Usahakan lingkungan tempat kandang burung yaman, aman dari pemangsa, berlokasi di tempat yang tidak terlalu berisik, dan memiliki sirkulasi udara yang baik serta bisa terkena sinar matahari.
Hindari penggunaan atap seng karena apabila hujan, suara air jatuh sangat berisik. Pilihlah atap asbes yang suaranya tidak terlalu mengganggu terutama apabila hujan.

kandang ternak kacer

Pembuatan Kandang Kacer
1. Soal ukuran kandang bisa sangat bervariasi tergantung dari lahan yang Anda miliki serta jumlah burung yang akan Anda budidayakan. Pada umumnya ukuran kandang berkisar antara 100 cm x 100 cm x 200 cm ini merupakan jenis kandang ideal untuk berternak.
2. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat kandang antara lain,
3. Anda bisa membuat kandang menggunakan tembok batu bata atau batako di bagian belakang, kiri dan kanan. Tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menggunakan sekat berupa triplek untuk bagian kiri dan kanan atau hanya menggunakan kawat saja.
4. Bagian atas kandang sebaiknya diberi atap tertutup dan sebagian diberikan penutup kawat strimin ukuran kecil misalnya 100 x 25 Cm yang berfungsi agar sinar matahari bisa masuk.
5. Kemudian jangan lupa untuk memberikan wadah air sebagai tempat mandi yang diletakkan di lantai (keramba).
6. Di bagian belakang, Anda bisa memberikan papan seperti rak untuk menempatkan wadah makanan dan minuman.
7. Kemudian, berikan juga tempat untuk nangkring bisa berupa kayu atau ranting.
8. Selanjutnya Anda bisa menempatkan sarang di bagian belakang. Sarang burung bisa dibuat dari kayu atau papan berbentuk kotak, atau Anda juga bisa membuatnya dari bambu yang berdiameter besar. Selain itu, Anda juga bisa membuat sarang anti semut yang bentuknya seperti tiang bendera dan kemudian di ujungnya diberikan wadah atau sarang. Di bagian bawah, sebaiknya menggunakan kaleng yang diisi semen atau beton dan kemudian diberikan oli secukupnya untuk menghindari serangan semut.

Bentuk Kandang
Kandang ternak bisa bersusun sedemikian rupa, misalnya 2 atau 3 tingkat kemudian bergeser ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk lantai, sebaiknya menggunakan sesuatu yang mudah dibersihkan seperti semen atau plat baja.
Untuk pintu, Anda bisa membuat lebih dari 1 pintu, misalnya 2 pintu untuk memudahkan Anda membersihkan kandang dan untuk mengganti pakan serta minuman.

Tips Kandang untuk Lahan yang Terbatas
Apabila Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas, metode sederhana menggunakan sangkar juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk berternak Burung Kacer. Mungkin Anda sedikit kaget namun, sudah banyak peternak yang memanfaatkan sangkar gantung sebagai tempat berternak. Minimal harus berukuran 50 x 50 x 60 Cm, atau jika Anda memilih yang berbentuk lingkaran sebaiknya berdiameter minimal 50 Cm.

Soal hasil dan perawatan, sebenarnya menggunakan kandang yang berbentuk sangkar lebih mudah. Disamping cukup fleksibel, juga tidak memakan banyak tempat.

Baca informasi lainnya mengenai burung kacer kalimantan.