Cara Membuat Kandang Burung Pleci Minimalis Maupun Besar

Advertisement
Advertisement
Jika Anda adalah seorang peternak atau breeder burung, terutama burung kicau, termasuk Burung Pleci, tentu Anda tidak akan lepas dari urusan kandang dan juga sangkar. Mempersiapkan kandang sebenarnya tergantung dari kebutuhan, apakah Anda memiliki banyak Burung Pleci atau hanya sedikit. Namun jika Anda ingin beternak secara profesional, maka 2 tipe kandang untuk burung yaitu tipe Aviary dan tipe Soliter merupakan pilihan utama.

Setiap bentuk kandang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kembali kepada kebutuhan Anda.

kandang pleci

A. Kandang Soliter
Kandang Soliter ukurannya tidak terlalu besar dan tidak memakan banyak tempat. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan kawat ram atau Anda juga bisa menggunakan sekat triplek.
Kandang jenis ini sangat cocok apabila Anda ingin membudidayakan Burung Pleci dengan menempatkan sepasang burung di dalam satu kandang. Anda bisa membuatnya berjajar atau bertingkat sesuai dengan kebutuhan. Metode ini selain memberikan Anda kesempatan merawat burung secara khusus, dengan gaya soliter, juga terkenal mudah dalam perawatannya.

B. Kandang Aviary
Model kandang ini biasanya berukuran cukup besar di manfaatkan untuk menampung banyak burung. Namun, tentu saja membutuhkan lahan yang tidak sedikit karena metode ini mencoba mengadopsi alam bebas.

Yang Harus Diperhatikan saat Membuat Kandang Pleci
Saat Anda ingin membudidayakan Burung Pleci, ada beberapa hal di dalam kandang yang tidak boleh Anda lupakan diantaranya adalah,
1. Sarang
Ini adalah burung kecil yang tidak membutuhkan sarang terlalu besar. Anda bisa mendapatkan sarang dengan membeli di toko-toko burung harganya juga tidak terlalu mahal sehingga Anda pun tidak akan repot. Tempatkan sekarang di pojok atau bagian belakang kandang dalam posisi menggantung.
Pilihlah sarang yang tidak terlalu besar, dan pastikan bahan pembuatan sarang adalah bahan-bahan yang lembut dan tidak berbahaya.

2. Tempat Makan dan Minum
Tempat makan dan minum sebaiknya dekat dari pintu sehingga Anda tidak akan banyak mengganggu burung apabila menggantinya.

Tempat minum bisa juga diletakkan di luar kandang, namun harus tetap bisa dijangkau dengan mudah oleh burung dari dalam.

Meletakkan tempat minum di luar kandang dimaksudkan agar kandang tidak sering becek dan menyebabkan berbagai bakteri atau jamur mudah berkembang.

3. Tangkringan
Hampir semua burung sangat suka nangkring sehingga Anda tidak boleh melupakan yang satu ini. Bahkan, produktivitas dan rajin atau tidaknya burung berkicau sehingga menghasilkan burung yang berkualitas bisa tergantung dari tangkringan yang Anda berikan. Oleh sebab itu, beberapa jenis tangkringan yang cocok untuk Burung Pleci seperti tangkringan berbentuk huruf "T", tangkringan model satu setengah, dan model tangkringan yang lain harus Anda pertimbangkan dengan matang.

4. Pintu dan Sirkulasi Udara
Untuk kandang tipe Aviary, sebaiknya pintu kandang tidak terlalu besar dan cobalah membuatnya hanya cukup tubuh anda, serta pintu lain berukuran kecil untuk memasukkan dan mengeluarkan makanan. Buatlah dengan pas untuk tangan Anda sehingga tidak memudahkan burung untuk keluar.
Pintu berukuran kecil dimaksudkan agar Anda bisa mengganti makanan dan minuman apabila dibutuhkan. Ukurannya tidak terlalu besaran dan hanya cukup untuk tangan saja.

5. Perawatan
Dari sekian faktor yang ada, faktor perawatan juga bisa berpengaruh kepada hasil dari budidaya burung. Merawat kandang burung bisa dimulai dari membersikah 4 kali dalam seminggu agar tetap terjaga dan bebas dari penyakit.

Namun apabila Anda meletakkan tempat air di dalam kandang dan air sering tumpah, atau menyebabkan kandang menjadi becek, sebaiknya Anda menyiasatinya dengan meletakkan lap atau kain yang bisa menyerap air.

Sekian sedikit tips pembuatan kandang pleci yang bisa kami sampaikan kepada sobat pleci mania, semoga bermanfaat. Simak juga informasi lainnya yang tak kalah seru, yakni tentang cara membedakan kelamin pleci jantan dan betina.