Kandang Penangkaran Burung Cucak Jenggot Model Minimalis dan Maksimalis

Advertisement
Advertisement
Setelah menentukan lokasi budi daya burung cucak jenggot (baca sebelumnya: lokasi yang baik budi daya cucak jenggot), kini saatnya memilih jenis kandang yang akan digunakan untuk menampung pasangan cucak jenggot. Salah satu jenis kandang yang bisa dipilih adalah kandang budi daya model minimalis. Kandang ini berukuran sedang yang dibudidayakan beserta dua atau tiga anaknya yang menetas.

Kandang model minimalis hanya bisa dipakai di lokasi budi daya yang tertutup, karena tidak memiliki atap sebagai penutup yang dapat melindungi pasangan cucak jenggot dari panas dan hujan. Kandang jenis ini dapat dibeli dengan harga kisaran Rp.250.000 hingga Rp.1.500.000, tergantung dari kualitas kayu dan kerumitan pembuatannya (baca juga: cara ternak cucak jenggot).

kandang cucak jenggot

Beberpa keuntungan menggunakan kandang model minimalis antara lain memudahkan pembersihan kandang, pemberian pakan, merencanakan masa bereproduksi cucak jenggot, meminimalisir kematian anakan cucak jenggot, dan lain sebagainya. Sementara itu, beberapa kelemahan menggunakan kandang model ini antara lain biaya yang dibutuhkan untuk membeli kandang relative mahal.

Berikut ini merupakan contoh kandang budi daya cucak jenggot model minimalis yang bisa anda jadikan sebagai gambaran dalam memilih kandang bagi pasangan cucak jenggot yang akan dibudidayakan:

kandang cucak jenggot minimalis

Sekilas, kandang budi daya model minimalis di atas sangat mirip dengan sangkar. Bahkan, bukan hanya sangat mirip, melainkan memang benar-benar sangkar. Ya, begitulah, yang dimaksud dengan kandang budi daya model minimalis di sini adalah sangkar. Kandang budi daya cucak jenggot model ini dapat diletakkan di lokasi tertutup, seperti pekarangan rumah dan ruangan-ruangan di dalam rumah yang tidak terpakai.

Selain model minimalis, kandang budi daya yang bisa dipilih untuk menampung pasangan cucak jenggot juga tersedia model maksimalis. Kandang budi daya model ini berukuran cukup luas dan di dalamnya terdapat sarana-sarana pendukung budi daya yang lengkap, mulai dari daha kayu (sebagai tangkringan), wadah pakan,wadah minum, box sarang, hingga tempat keramba.

Kandang budi daya model maksimalis pada umumnya digunakan untuk menampung sepasang cucak jenggot, tetapi ada juga yang digunakan untuk menampung beberapa ekor cucak jenggot betina dengan satu ekor cucak jenggot jantan. Mengingat ukurannya yang cukup luas, kandang model ini hanya digunakan oleh pembudidaya yang memiliki lokasi cukup luas.

Berikut ini salah satu contoh kandang budi daya model maksimalis yang bisa anda jadikan sebagai gambaran dalam memilih kandang bagi pasangan cucak jenggot yang akan dibudidayakan.

kandang cucak jenggot maksimalis


Para membudidaya cucak jenggot di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah banyak menggunakan kandang budi daya model maksimalis ini. Menurut mereka, kandang model ini lebih menghasilkan, karena bisa membuat cucak jenggot bereproduksi secara maksimal. Meskipun begitu, diakui juga bahwa pembuatan kandang budi daya model ini memerlukan biaya lebih tinggi ketimbang biaya pembuatan kandang budi daya model minimalis. (Om Shodiq Gacor)