Mengenal Lebih Dekat Burung Kacer Poci atau Sekoci

Advertisement
Advertisement
Burung Kacer Dada Putih atau yang dikenal juga dengan nama Burung Kacer Poci adalah salah satu jenis burung petarung yang banyak ditemukan di hutan-hutan serta memiliki sifat yang agresif. Burung ini dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang sulit dijinakkan. Walau demikian, suaranya juga bisa di-master sehingga memiliki peminat yang cukup banyak. Namun saat ini burung sedikit langka di pasaran karena pasokannya yang terus berkurang.

Di Indonesia, Burung Kacer bisa ditemukan di beberapa pulau seperti Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali dan juga Pulau Jawa.

kacer poci

Di daerah Jawa Barat, burung ini dikenal dengan nama Kacer Priangan, kemudian di Kalimantan burung ini dikenal dengan nama Kacer Bulan. Burung Kacer Poci sangat disukai karena memiliki suara yang jernih bak kristal dan lebih baik dibandingkan dengan Kacer Hitam.

Ciri Burung Kacer Poci
Beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki oleh Burung Kacer Poci jantan maupun betina diantaranya adalah,
  • Memiliki warna bulu hitam mengkilat, baik di bagian kepala hingga ke bagian dada dan di bagian punggung.
  • Dinamakan Kacer Poci karena memiliki warna putih di bagian perut hingga ke bagian pantat, Kemudian terdapat juga dibawah ekor, warna putih juga bisa kita lihat di bagian sayap.
  • Burung ini memiliki paruh berwarna hitam yang cukup lancip dengan ekor panjang yang melebar di ujungnya.
Perawatan
Secara umum, burung ini memang galak dan dibutuhkan kesabaran dari pemiliknya. Perawatan burung ini meliputi perawatan kandang atau sanggar, makanan dan juga minuman serta setting harian.

A. Kandang
Idealnya, kandang burung untuk Kacer berukuran antara 40 cm x 40cm x 60 cm. Selain menggunakan kandang segi empat, anda juga bisa membuat kandang melingkar yang berdiameter 40 cm dengan tinggi 60 hingga 80 cm. Di dalam sangkar anda harus menyediakan tempat nangkring berupa batang pohon atau kayu.

B. Pakan
Di alam liar, burung ini menyukai serangga, belalang, ulat bambu, cacing dan beberapa binatang kecil.
Namun, para penangkar biasanya memberikan voer untuk burung ini dan memberikan beberapa makanan ekstra berupa kroto, ulat hongkong, jangkrik, orong-orong, dan lain-lain.

C. Setting Harian
Setting harian Burung Kacer Poci tidak berbeda dengan burung kicau lainnya seperti, Burung Lovebird, Burung Murai Batu, dll.
  • Pada pagi hari burung sebelum dimandikan harus diangin-anginkan terlebih dahulu, kemudian
  • Dimandikan dengan metode keramba atau semprot. Setelah itu
  • Burung di jemur dan diangin-anginkan kembali.
  • Pada saat burung dijemur, burung bisa diberikan extra food atau makanan tambahan yang bergizi seperti jangkrik makanan ekstra lainnya.
  • Burung ini tidak harus dikerodong. Namun, sebaiknya pada malam hari dilindungi dari pemangsa lain atau untuk lebih amannya bisa di krodong agar tidak diganggu nyamuk dan dingin.
Menjinakkan Burung Kacer
Menjinakan Burung Kacer merupakan bagian dari perawatan untuk menghasilkan burung yang akan di jadikan sebagai gacoan atau dijadikan sebagai induk dalam proses breeding. Setiap orang tentu saja memiliki caranya sendiri sendiri dalam menjinakkan burung. Namun ada beberapa tips umum yang bisa anda ikuti diantaranya adalah,

Selengkapnya bisa nada simak mengenai cara merawat burung kacer.