Mengenal Burung Kacer Kalimantan

Advertisement
Advertisement
Terdapat setidaknya 3 jenis Burung Kacer Kalimantan yang dikenal saat ini, diantaranya adalah:

1. Ras Copsychus Solaris Musicus. Ciri-ciri untuk burung ini adalah, warna dominan hitam dan warna putih yang terdapat pada berut hingga pantat. Di Indonesia jenis ini lebih banyak disebut sebagai Burung Kacer Poci atau Burung Kacer Sekoci atau sebagian orang menyebutnya Burung Kacer Dada Putih.

2. Ras Copsychus Saularis Pluto. Penyebarannya berada di Pulau Kalimantan bagian utara dan timur serta tenggara. Burung ini lebih dikenal dengan nama Kacer Hitam atau Kacer Dada Hitam. Ciri-cirinya, burung berwarna hitam pekat diseluruh tubuh. Dengan guratan putih di pinggir sayap.

3. Ras Copsychus Saularis Adamsi. Selain kedua jenis ras diatas, sebenarnya ada satu lagi burung yang hidup di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur memiliki ciri yang sama dengan Dada Hitam .
kacer kalimantan

Jadi, secara garis besar burung yang ada di Kalimantan dengan burung yang ada di Jawa maupun di beberapa pulau lain termasuk Pulau Bali dan Pulau Sumatera memiliki kesamaan ciri-ciri.

Burung Kacer dada hitam misalnya, burung ini selain ditemukan di Pulau Kalimantan juga tersebar di beberapa pulau lain termasuk Pulau Bali dan Pulau Jawa. Begitu juga dengan Kacer Dada Putih.
Burung tersebut juga banyak kita temukan di beberapa wilayah Kalimantan seperti di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Kemudian, jenis Burung Kacer Dada Putih juga bisa kita temukan dengan mudah di Pulau Sumatera diantaranya adalah Pulau Belitung, Pulau Nias, dan lain-lain.

Jadi, jika kita menarik kesimpulan bahwa Burung Kacer Kalimantan hanyalah istilah untuk menggambarkan Burung Kacer yang wilayah penyebarannya berada di Pulau Kalimantan, maka hal tersebut sah-sah saja. Sedangkan jenisnya bisa sangat beragam mulai dari Kacer Dada Hitam atau Kacer Poci yang disebut juga Kacer Dada Putih (baca juga: jenis kacer terbaik saat ini).