Tips Perawatan Burung Kacer Juara

Advertisement
Advertisement
Burung Kacer atau Magpie Robin memiliki nama ilmiah Copsychus Sechellarum. Ciri-ciri burung ini adalah, bulunya yang berwarna hitam mengkilat dan tampak sangat pekat, serta memiliki variasi berwarna putih, baik itu di bagian perut, sayap, dan dibawah ekor. Jenis Madagaskar memiliki warna kebiru-biruan yang menggantikan warna hitam.

Burung ini sangat tangguh dan bermental juara. Penyebarannya kebanyakan berada di daratan Asia mulai dari India, Cina, Thailand, Filipina, hingga Indonesia.' Burung Kacer saat ini sudah banyak di lombakan dan membutuhkan perawatan khusus yang sedikit berbeda dengan burung indukan.

kacer juara

Merawat Kacer Juara

A. Mastering
Burung Kacer juara bisa diisi dengan berbagai master mulai dari, Burung Gereja, Cililin, Cucak Jenggot, Tengkek Buto, Walet, Kapas Tembak, dan lain-lain.

B. Menyediakan Ruangan Khusus
Untuk burung juara sebaiknya disediakan ruangan khusus agar staminanya tetap terjaga. Dan ketika mengikuti perlombaan di lapangan, burung bisa mengeluarkan semua kemampuannya. Selain itu, pemberian ruangan khusus juga dimaksudkan agar burung ini tidak memunculkan sifat fighter-nya ketika berhadapan dengan burung lainnya. Sifat tersebut berdampak tidak baik terutama terhadap stamina pada saat perlombaan berlangsung.

C. Pemberian Makan
Pemberian makan rutin berupa voer berkualitas tentu saja tidak boleh dilupakan. Namun yang paling penting adalah, pemberian extra food. Pemberian makanan ekstra berupa jangkrik dalam porsi yang tidak terlalu banyak misalnya 1-3 ekor jangkrik pada pagi hari dan 1-3 ekor jangkrik pada sore hari bisa membuat burung ini tetap memiliki tenaga yang stabil serta birahi yang tidak meledak-ledak.
Namun, dalam 1 minggu, setidaknya Anda harus memberikan 20 hingga 30 ekor jangkrik yang bisa dibagi menjadi 15 atau 10 ekor setiap 2 kali seminggu.

Selain pemberian jangkrik, kroto juga menjadi makanan wajib yang tidak boleh dilupakan. Anda harus memberikan kroto secara rutin dalam takaran yang tidak terlalu banyak misalnya, satu sendok makan saja (baca: makanan kacer).

D. Setting Harian
Seperti biasa, pada pagi hari, burung harus diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum dimandikan. Kemudian, dijemur selama 2 hingga 3 jam. Namun jika burung akan diikutkan lomba, sebaiknya tidak dimandikan 2 hari sebelum hari lomba.

Untuk bisa mengeluarkan semua stamina dan kemampuannya pada saat lomba, burung harus di istirahatkan full krodong mulai dari H min 2 hingga hari perlombaan.
Satu hari sebelum lomba dimulai, berikan 20 hingga 30 ekor jangkrik.