Tips Perawatan Agar Kacer Jawara Lomba

Advertisement
Advertisement
Agar Kacer bisa jawara lomba, dibutuhkan beberapa perlakuan, termasuk pemberian makan dan perawatan sehari-hari yang baik. Tentu saja memelihara burung yang akan dijadikan sebagai gacoan dalam lomba tidak boleh dirawat secara sembarangan. Sebelumnya sudah kami bahas tips mengatasi kacer mbagong, dan kali ini kami berikan tips agar kacer jawara.

Jika anda tertarik dan ingin mengetahui beberapa tips mengenai cara merawat Kacer agar bisa jawara dalam lomba-lomba, berikut adalah beberapa saran untuk anda.

kacer jawara

Perawatan Harian

A. Kerodong
Jika anda ingin burung bisa fit atau selalu oke pada saat lomba berlangsung, sebaiknya anda rajin-rajin mengkrodong burung tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memaksa burung agar ia beristirahat secara total dan bisa memberikan kemampuan terbaiknya pada saat dibutuhkan nanti.

B. Pemberian Makan
Pemberian makan yang dimaksud adalah, pemberian extra food (EF) berupa jangkrik, ulat hongkong (UH), kroto, dll. Makanan extra ini harus berfungsi untuk menambah stamina dan bukan sebaliknya, membuat burung menjadi over birahi. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan jumlah serta waktu pemberiannya.

Untuk pemberian pakan sehari-hari, makanan tambahan berupa jangkrik bisa diberikan 2 hingga 5 ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.

Namun, menjelang lomba, anda bisa menambah porsinya. Misalnya, 5 ekor di pagi hari, 5 lagi pada siang hari, dan 5 jangkrik lagi pada sore hari.

Selain itu, pemberian kroto juga sebaiknya tidak terlalu banyak. Anda biasa memberikan 1 sendok teh di pagi dan sore hari (baca: rahasia makanan kacer).

C. Setting Harian
Dan yang tidak boleh dilupakan jika anda ingin merawat Burung Kacer yang dipersiapkan untuk lomba adalah, setting-an hariannya. Maksimal 3 hari sebelum lomba, perlakuan di pagi hari bisa sedikit berbeda dengan perlakuan biasanya.
1. Mulailah dengan mengangin-anginkan burung selama 15 menit, kemudian dimandikan dan dijemur tidak lebih dari 1 jam.
2. Setelah itu, burung diangin-anginkan kembali selama kurang lebih 30 menit lalu makan berupa jangkrik, serta ulat hongkong.
3. Takaran untuk pakan, anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik di pagi hari, disertai 5 ekor ulat hongkong dan 1 sdt (sendok teh) kroto.
4. Selanjutnya, burung diistirahatkan sambil dikerodong.
5. Pada siang hari, anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik dan 5 ekor ular hongkong.
6. Di sore hari misalnya pada 15.00, anda bisa mengangin-anginkan kembali burung tersebut selama 30 menit kemudian dimandikan dan dijemur selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
7. Untuk sore hari, pakan extra juga bisa diberikan 5 ekor jangkrik kemudian ditambah dengan 5 ekor ulat hongkong, serta 1 sendok teh.
8. Kemudian di malam hari, burung harus full kerodong sambil diperdengarkan master hingga esok pagi.

Demikian tips merawat burung kacer jawara, semoga bisa menjadi salah satu tips yang berharga buat perawatan kacer kesayangan anda.